Anggota DPD RI Muslim M. Yatim Berbagi 40.000 Penerima Program Ramadhan Berkah di Sumatera Barat

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim kembali melaksanakan  program  Ramadhan Berkah. Kegiatan rutin Ramadan kali ini menyasar sekitar 40.000 penerima manfaat yang tersebar di seluruh  kabupaten  dan  kota  di Sumatera Barat. Program  Berkah  Ramadan Muslim M. Yatim sudah dimulai di awal Ramadan. 

Rangkaian  kegiatan  dalam  program Berkah  Ramadan  ini  meliputi pembagian nasi berkah dengan melibatkan  22  pedagang  nasi yang  tersebar  di  berbagai daerah, pembagian takjil  di  8  titik, santunan dai, bantuan makanan sahur untuk itikaf dan pembagian sembako untuk lebaran bai para Da’i dan masyarakat yang tersebar di kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

Dari 22 pedagang nasi tersebut dengan harga nasi Rp. 10.000 – 12.000, mereka disubsidi nasi sebesar Rp. 5.000 dengan alokasi 1.000 bungkus selama Ramadhan dengan penerima sekitar 20.900 penerima. 

Untuk program berbagi takjil secara gratis di 8 titik setiap sore menjelang berbuka dialokasikan 50 -100 bungkus per hari dengan total penerima 13.500 penerima. Berbuka puasa di laksanakan di 18 kota/kab dengan penerima sekitar 2.000 orang. 

Bantuan menu sahur dalam program itikaf dilaksanakan di beberapa kab/kota dengan  penerima 3.000 jamaah dan terakhir pembagian paket sembako untuk lebaran para Da’I dan masyarakat sebesar 600 orang penerima. 

Dari rangkaian  program  Berkah Ramadan ini, sebanyak diperkirakan ada 40.000 orang menerima manfaatnya.

H.  Muslim  M.  Yatim  menyebutkan,  Berkah Ramadan  ini  merupakan  kegiatan  rutin  yang  sudah  dimulainya  sejak  menjadi  senator asal Sumbar. 

Karena memberi manfaat yang sangat besar kepada  masyarakat,  maka  program ini terus dilakukan dengan peningkatan pemberi manfaat setiap tahunnya. 

Selain sebagai program sosial  dan  kemanusiaan,  Berkah Ramadan menurut Muslim M. Yatim juga berdimensi pemberdayaan masyarakat.

“Kita tidak hanya berbagi, tapi juga memberdayakan masyarakat. Dengan  begitu,  program  Berkah Ramadan  ini  juga  berdampak ekonomi,”  ujar  Muslim  M.  Yatim. 

Bentuk pemberdayaan ini misalnya  dengan  melibatkan para  pedagang  nasi.  Dengan program  nasi  berkah,  Muslim M. Yatim merangkul pedagang nasi. Dengan begitu, para pedagang ini bisa tetap eksis di bulan suci ini.

Ketika  pandemi  covid-19 masih  berlangsung,  program Berkah Ramadan yang digagas Muslim M. Yatim ini sangat bermanfaat sekali.

Pasalnya, pedagang  nasi  termasuk  yang  terimbas pandemi. Demikianpunpara dai yang selama Ramadan tak bisa berceramah di masjid dan musala. 

Kendati pandemic sudah  usai,  Muslim  M.  Yatim tetap  meneruskan  program Berkah Ramadan ini. 

Menurut  Muslim  M.  Yatim, walaupun pandemi sudah usai, tapi dampaknya belumlah berakhir. 

“Dampak pandemi masih  dirasakan  oleh  pedagang, dai,  dan  masyarakat  banyak, ”urai Muslim M. Yatim.

Muslim  M.  Yatim  menegaskan, program Berkah Ramadan akan terus dilakukan. Bahkan ia berharap penerima manfaat program  ini  semakin  banyak. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »