Diduga Bakal Gelar Balap Liar, 5 Orang Remaja Diamankan Satpol PP Kota Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Lima orang remaja  diamankan Satpol PP Padang karena diduga akan melakukan aksi balap liar Kawasan Jalan Belakang  Perkantoran Balaikota Padang Air pacah, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (19/4/23).

Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian (KasiOpdal ) Satpol PP Padang yang pimpin kegiatan ini mengatakan, aksi balap liar dilokasi tersebut langsung dilakukan penertiban. Dan lima orang diantaranya berhasil  diamankan petugas. Dijelaskan oleh Rozaldi bahwa sebelumnya mereka yang ada dilokasi langsung kabur melihat kedatangan petugas.

Namun lima orang dari mereka upaya untuk kabur berhasil di gagalkan. Kelima remaja yang diamankan itu berinisial  ZF(15), TA(19), BA(19), FR (16) dan  MR (15).

Terkait penertiban pelaku Balab liar ini Kepala Satuan Polisi pamong Praja ( Satpol PP) Kota Padang  Mursalim mengatakan bahwa memang lokasi ini kerap dijadikan untuk kegiatan balab liar oleh para remaja pada malam hari, kadang kadang juga berujung aksi "cakak banyak" tawuran.

Oleh karena itu untuk upaya menjaga ketertiban dan ketentraman di kawasan tersebut selalu dilakukan pengawasan apa lagi lokasi tersebut adalah kawasan perkantoran Dinas Walikota Padang. Maka Personilnya aktif melakukan pengawasan serta penertiban terhadap aksi - aksi yang sangat meresahkan ini.

Di Mako Satpol PP Jalan Tan Malaka, Kawasan Kecamatan Padang Timur di salah satu Jok Motor pelaku Balab liar ini petugas juga menemukan kunci onderdil kendaraan berukuran besar, di sinyalir kunci tersebut akan digunakan sebagai senjata untuk tawuran.

Kepada lima orang yang terjaring ini Mursalim menyampaikan bahwa mereka diproses dihadapan pihak orang tua mereka yang turut di panggil petugas. Hal ini dilakukan supaya kedepan mereka lebih bisa di kontrol oleh orang tua dalam pergaulan serta aktifitas mereka. Lima orang ini di proses dan membuat surat pernyataan berjanji tidak akan lagi mengulangi kegiatan tersebut

"Dihadapan orang tua mereka berjanji dan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi aksi tersebut," jelas Mursalim Kasat Pol PP Padang.

Pemko Padang Tingkatkan Ketertiban Dalam Rangka Menyambut Pemudik lebaran Tahun Ini

Apel gelar pasukan pengamanan hari Raya Idul Fitri 1444 H dilingkungan Pemerintahan Kota Padang. Selasa (17/4/23). 

Apel kesiapan untuk menyambut lebaran ini dipimpin langsung oleh Walikota Padang Hendri Septa dan dihadiri oleh SKPD terkait di lingkungan Pemerintahan Kota Padang serta dari unsur Kecamatan yang ada. Apel gelar pasukan tersebut, dilaksanakan di Lapangan Pamong Praja, Jalan Tan Malaka Kota Padang.

Dalam apel tersebut Walikota mengimbau agar seluruh pihak siap untuk menjadikan Kota Padang yang tertib, tentram guna menyambut kehadiran para perantau yang mudik pada lebaran idul Fitri tahun 2023. 

"Kita terus mempersiapkan menjelang lebaran ini. Insha Allah Kota Padang akan kedatangan tamu terutama pemudik yang telah dalam perjalanan baik melalui udara, darat, maupun laut menuju Padang," ujarnya di hadapan Perseta Apel. 

Pengamanan lebaran yang dilakukan tahun ini bisa menjadi yang terbaik, karena setiap stakeholder terlibat, mari mempersiapkan dalam pengamanan, ketertiban umum, lalu lintas, kebencanaan, kesehatan, hingga kebersihan.

Lebih lanjut Walikota juga mengimbau, kewaspadaan kepada pihak kecamatan agar agar tetap dilakukan bersama mitra RT dan RW. Selain kesiapan petugas Walikota juga mehimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban berupaya berjalan dengan baik. 

"Kita harap ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Saya minta setiap kelurahan dan kecamatan untuk memerintahkan lurah melakukan pengawasan terhadap kemungkinan terjadinya bencana kebakaran ketika rumah ditinggal mudik," katanya.

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut Walikota Padang juga berterimakasih kepada jajaran Satpol PP yang telah memberikan pengamanan kepada masyarakat, bekerja profesional dan humanis yang tidak merugikan masyarakat,"Ungkap Hendri Septa.

Selain kesiapan personil, pemeriksaan sejumlah kendaraan operasional juga dilakukan oleh Walikota Padang. Pengecekan itu dilakukan setelah melaksanakan apel gabungan.

Tingkatkan Pelayanan Ketertiban di 11 Pos Pengamanan

Jutaan orang akan datang berkunjung ke Kota Padang pada lebaran tahun ini. Satpol PP Padang tingkatkan pelayanan ketertiban bersama tim gabungan di 11 Pos Pengamanan.

"Kita bersama unsur terkait terlibat di dalam Pos Operasi ketupat di sebelas Poskotis," terang Mursalim.

Kegiatan Pam pengamanan lebaran ini, Satpol PP disiagakan selama dua pekan kedepan, dalam rangka memberikan pelayan yang maksimal bagi warga Kota Padang dan khususnya pemudik yang berkunjung ke Kota Padang.

Sesuai tugas dan fungsi Satpol PP dalam penyelengaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan memberikan rasa aman bagi perantau yang pulang kampung, serta untuk warga Kota Padang sendiri yang merayakan hari raya Idul Fitri.

Diharapkan pengamanan lebaran tahun ini, bisa menjadi yang terbaik, karena melibatkan semua pemangku kepentingan.

Pemko Padang terus berupaya untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan melakukan pengamanan ekstra demi menjaga ketertiban umum, ketertiban lalu lintas, respon cepat terhadap kebencanaan, menyiagakan tim kesehatan, hingga tim kebersihan.

"Dengan adanya tim gabungan di Pos Pengaman tersebut, diharapkan Kota Padang menjadi nyaman dan aman bagi para pemudik yang telah lama tidak pulang ke kampung halaman," ucap Mursalim.

Pengepul Barang Bekas di Kuranji Ditegur 

Pengepul barang bekas ditegur oleh Satpol PP BKO bersama kasi Trantib Kecamatan Kuranji, Senin (17/4/23).

Peneguran tersebut lantaran pengepulan telah menumpuk barang-barang rongsokannya diatas trotoar, Kawasan Jalan Kalawi, Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sematera Barat.

Akibatnya trotoar terlihat kumuh dan membuat akses pejalan kaki menjadi terganggu. Selain itu, kondisi kawasan tersebut kelihatan semraut dan kumuh.

Menindaklanjuti hal demikian Satpol PP BKO kecamatan Kuranji bersama pihak Trantib Kecamatan datangi pemilik barang, kepada pemilik petugas mengingatkan bahwa kegiatan menumpuk barang ditrotoar ini telah menyalahi aturan. Sebagaimana telah diatur dalam Perda 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum.

Pemilik usaha pengepul barang ini diberikan nasehat oleh petugas, jika kedepannya masih ditemukan adanya penumpukan barang di atas trotoar, pihak Satpol PP akan melakukan pembongkaran dan pemilik dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Terkait ini Kasat Satpol PP Padang menyampaikan bahwa keberadaan Personil Yang Di BKO kan di kecamatan bertujuan untuk mencegah dan mengawasi segala hal-hal yang menyalahi aturan Perda dan Perwako,sehingga sedini mungkin bisa dicegah segala bentuk pelanggaran Perda, terkait penumpukan barang bekas di trotoar ia menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga keindahan dan ketertiban lokasi tempat tinggal. 

"Mari kita jaga lingkungan kita agar kelihatan bersih dan indah,"harap Mursalim. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »