Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang, Wako Hendri Septa Imbau Warga Padang Wujudkan Mudik Aman Berkesan

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa mengikuti pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2023 yang dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono bersama Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy di RTH Imam Bonjol Padang, Senin (17/4/2023) pagi. 

Kegiatan yang mengangkat tema ”Mudik Aman Berkesan” itu dilakukan dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H/2023 di wilayah Kota Padang dan Sumatera Barat (Sumbar) pada umumnya.

Juga hadir di kesempatan itu unsur Forkopimda dan elemen terkait lainnya di Kota Padang.

Wali Kota Padang berharap agar momen lebaran nanti disambut dengan suka cita bagi seluruh warga Kota Padang. 

Selain itu ia juga meminta masyarakat selalu penuh kehati-hatian demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. 

"Mari kita sambut lebaran tahun ini dengan suka cita. Begitu pula penuh kehati-hatian, semoga tidak terjadi hal yang tak diinginkan bagi kita dan keluarga kita," imbuhnya.

Lebih lanjut Wako Padang itu juga meminta seluruh ASN di OPD terkait untuk bekerja 'all out' selama momentum libur lebaran 1444 H/2023.

Hal itu dikarenakan, lebih kurang 2 (dua) juta perantau/pemudik diperkirakan akan pulang kampung ke ranah Minang, termasuk Kota Padang pada libur lebaran nanti. 

Prediksi tersebut naik signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 1,2 juta jiwa.

"Sebagai kota tujuan wisata dan Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kita di Kota Padang harus siap menampung dan menyambut baik kehadiran perantau plus wisatawan nantinya," ujar Hendri Septa.

Dijelaskannya, adapun untuk memeriahkan momen libur lebaran di Kota Padang, Pemko Padang bekerjasama dengan berbagai pihak akan menggelar "Festival Muaro Padang" yang bertujuan untuk menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Pada event yang berlangsung selama 24-27 April ini kita akan menyajikan sejumlah kegiatan menarik. Mulai dari Festival Selaju Sampan, Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo, Padang Fashion Carnaval, Festival Marandang serta Festival Jemur Bonsai, Perahu Hias dan Pekan Ekonomi Kreatif."

"Berbagai event yang dipusatkan di sekitaran Muara Padang ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus mempersembahkan hiburan bagi perantau yang pulang kampung," ungkap Wako Hendri Septa.

Terakhir pemimpin Kota Bingkuang itu juga meminta semua OPD penanggungjawab masing-masing acara agar terus memfokuskan persiapan. 

Termasuk petugas terkait yang stanbye berjaga di Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di titik-titik strategis di Kota Padang.

"Kepada kita semua dan seluruh warga Kota Padang, mari kita sambut lebaran tahun ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Mari kita sambut kedatangan para tamu kita dengan baik dan berikan kebahagiaan tersendiri bagi mereka selama berada di kota yang kita cintai ini," pungkasnya.

Sementara itu selaku pembina Apel, Kapolda Sumbar menyampaikan beberapa poin dari amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan dalam menjalankan operasi Ketupat Singgalang. Hal tersebut merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan TNI, pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H. Mulai dari H-3 hingga H+3 lebaran,” ujar Irjen Pol Suharyono.

Kapolda memaparkan, ada enam pesan penting yang diamanatkan Kapolri untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan, begitu pula saat arus balik.

Pertama,  agar melaksanakan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 dengan sungguh-sungguh. 

Kedua, mengedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan "presisi" sebagaimana harapan masyarakat. 

Sementara Ketiga, memastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarana prasarana dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

"Keempat  adalah berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik. Sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat," paparnya 

Ditambahkannya, seluruh pihak terkait juga diharapkan memastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. 

Caranya dengan melakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

"Keenam yaitu memperkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023," paparnya.

Teeakhir Irjen Pol Suharyono mengutarakan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan mitra kamtibmas lainnya.

"Selamat berlebaran untuk kita semua, mari kita rayakan dengan suka cita, jangan lupa menjaga kondusifitas daerah agar lebaran tahun ini berlangsung aman dan lebih bermakna tentunya," pungkasnya. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »