Kampung Gelgel Dijaga Babinsa

BENTENGSUMBAR.COM - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau keberadaan pasar murah yang digelar di Halaman Masjid Nuru Huda, Kampung Gelgel, Kabupaten Klungkung.

Namun, sebelum peninjauan itu dilakukan beberapa Babinsa terlihat bersiaga di lokasi itu. Keberadaan Babinsa, ditujukan untuk menciptakan ketertiban. Tentunya, upaya itu juga melibatkan beberapa pihak terkait, termasuk aparat Kepolisian.

Serka Imam, Babinsa Kampung Gelgel mengatakan jika pasar murah rencananya bakal dihadiri oleh masyarakat. Di lokasi itu, terdapat berbagai kebutuhan bahan pangan.

“Kebetulan pasar murah itu juga ditinjau oleh pak Bupati,” jelasnya, Rabu (12/04/2023) siang.

Kegiatan itu, kata Serka Imam, digelar dalam upaya Pemkab Klungkung mengendalikan inflasi dan stabilitas harga bahan pokok di pasaran.

“Apalagi, sebentar lagi mau lebaran. Pastinya masyarakat membutuhkan semua kebutuhan yang ada di pasar murah ini,” bebernya.

Babinsa Nyalian Bersama BPBD Lakukan Cegah Dini Bencana

Deteksi dini terjadinya bencana alam dilakukan oleh pihak Koramil, khususnya Babinsa Desa Nyalian bersama BPBD Klungkung. Deteksi dini itu, dilakukan demi mencegah terjadinya bencana alam yang terjadi.

Beberapa langkah, dilakukan salah satunya melakukan penebangan pohon milik warga yang bisa saja berpotensi tumbang.

Kopka Raka, Babinsa Nyalian mengungkapkan jika pohon milik warga Banjar Kelod sudah mencapai batas tinggi rata-rata. Tinggi pohon itu, bisa saja berdampak buruk bagi warga sekitar.

“Apabila terjadi hujan disertai angin, tidak menutup kemungkinan pohon itu bisa saja menimpa rumah-rumah warga,” kata Raka. Selasa (11/04/2023).

Selain melibatkan aparat BPBD, Raka menyebut cegah dini bencana alam tersebut juga melibatkan warga setempat. Beberapa warga pun, ikut berpartisipasi membantu proses cegah dini bencana tersebut.

“Setelah kita sosialisasikan, warga pun menyetujui,” jelasnya.

Letkol Armen Jadi Narasumber di RRI Klungkung

Beberapa hal disampaikan oleh Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf Armen dalam kunjungannya di RRI Klungkung pada Senin (10/04/2023). Beberapa hal itu, terkait dengan program-program TNI-AD, khususnya Kodim Klungkung.

Dandim mengungkapkan, terdapat tujuh program yang saat ini digencarkan oleh Satuannya. Program-program itu ialah program unggulan dalam program binter unggulan TNI-AD.

“Ada program TNI manunggal air, ketahanan pangan, penanganan stunting, babinsa masuk dapur, RTLH, dan program Kampung Pancasila serta penerapan aplikasi E-Praja Raksaka,” ujar Dandim.

Program-program itu, kata Letkol Armen, harus bisa dijalankan dengan baik. Bahkan, saat ini dirinya mulai gencar memfokuskan diri untuk mengatasi adanya permasalahan stunting.

“Ada beberapa metode, salah satunya kita harus bersinergi dan merangkul semua pihak dalam upaya mengentas adanya stunting,” jelasnya.

Pencegahan kemiskinan pun, menurutnya, tak kalah penting dalam program-program yang sekarang digagas oleh pihak TNI-AD.

“Pada intinya, keberadaan prajurit TNI-AD harus bisa memberikan solusi ditengah kesulitan masyarakat,” tegasnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »