Megawati Pakaiakan Peci saat Usung Ganjar Capres, Sekjen PDIP Ungkap Untuk Jalin Kerja Sama dengan Kalangan Religius, dengan PPP?

BENTENGSUMBAR.COM - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto buka suara soal pemberian peci dari Megawati Soekarnoputri saat mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. 

Menurutnya, hal itu merupakan simbolisasi tugas Ganjar untuk menjalin kerja sama dengan kalangan religius. 

Hasto menyebut membangun kerja sama politik berdasarkan ideologi dan platform merupakan hal wajar bagi PDIP. 

Hasto turut mengatakan, PDIP akan bekerja sama dengan partai politik lain berdasarkan historisitas atau kesejarahannya, selain ideologi dan platform. 

Jika ada kecocokan di antara elemen-elemen tersebut, PDIP baru akan mendiskusikan agenda-agenda politik penting dengan partai yang diajak bekerja sama. 

Ketika PDIP ataupun Ganjar menjajaki peluang berkoalisi dengan partai-partai politik maupun organisasi lain berbasis keagamaan, syarat-syarat itu menjadi penting. 

Tak hanya itu, PDIP akan mencari 'kawan sejalan' dalam mengusung Ganjar tapi juga mempunyai komitmen, "melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta. 

Mengenai platform, PDIP mendasari koalisi politiknya dengan mengusung program seperti membangun kedaulatan pangan, prolingkungan serta tataruang, dan kesamaan visi mengenai geopolitik.

"Dengan demikian, ketika membangun kerja sama, selain bonding-nya itu, adalah aspek-aspek gotong royong. Kesamaan agenda ini sangat penting, termasuk kedekatan," kata Hasto.

Sebagai contoh, kata Hasto, PDIP memungkinkan kerja sama dengan Partai Persatuan Pembangunan yang berbasis agama. 

Apalagi PDIP dan PPP mempunyai kesamaan secara sejarah, yakni termarjinalisasi ketika era Orde Baru. 

Megawati, kata dia, juga mempunyai kedekatan dengan tokoh-tokoh PPP pada masa lalu seperti Hamzah Haz serta almarhum Maimun Zubair atau Mbah Moen.

"Tentu saja komunikasi dilakukan secara intens. Prinsipnya ruang kerja sama itu akan dilakukan dalam kerangka sistem presidensial," kata dia.

Sumber: Populis

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »