NasDem: Emang Mahfud Mau Jadi Cawapres Anies?

BENTENGSUMBAR.COM - Waketum Partai NasDem Ahmad Ali mengaku sepaham dengan usulan Anies Baswedan diduetkan dengan Menko Polhukam Mahfud Md di 2024. 

Namun, dia mempertanyakan apakah Mahfud Md bakal mau jadi cawapres dari Anies.

"Sepakat, bibit Anies-Mahfud itu saling mengisi, sama-sama punya pengalaman, integritas, religi, dan anti korupsi," ujar Ahmad Ali saat dihubungi, Senin (10/4/2023).

Ali mengatakan partainya tak mempermasalahkan usulan itu. Saat ditanyakan terkait besarnya peluang Mahfud menjadi sosok cawapres, Ali menyerahkan hal itu ke Anies.

"Tergantung Anies. Kami (NasDem), setuju-setuju saja," ungkap Ali.

"Emang Bang Mahfud mau jadi cawapres Anies?" imbuhnya.

Mahfud Diusulkan Jadi Cawapres

Sebelumnya, Guru Besar Ekonomi Politik Didik J Rachbini merespons pandangan budayawan sekaligus pengamat politik Eros Djarot yang bicara potensi Mahfud Md jadi cawapres di 2024. 

Didik sepakat soal Mahfud bisa menjadi kuda hitam cawapres 2024.

"Terakhir Mahfud Md adalah bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019, yang didukung Ketua Umum PDIP. Sudah siap dengan seragam putih, tetapi takdir masih belum berpihak kepadanya. Hanya dalam beberapa menit terakhir Mahfud Md digantikan oleh Ma'ruf Amin karena lobi-lobi partai yang alot dan tepedo dari partainya sendiri," ujar Rektor Universitas Paramadina ini.

Terkait Eros yang mengusulkan Mahfud menjadi cawapres Ganjar Pranowo, Didik menilai hal itu sah-sah saja. Alasan yang diungkap Eros pun, kata Didik, terbilang masuk akal.

Namun menurut Didik, usulan duet Ganjar-Mahfud tidaklah mudah dan sulit ditebak.

Sebab, lobi-lobi partai politik yang kuat memutuskan capres dan cawapres.

"Jadi nama Mahfud mengemuka kembali akhir-akhir ini. Tetapi usulan seperti ini tidak mudah karena lobi partai sulit ditebak untuk calon wakil presiden, bahkan untuk calon presiden sekalipun. Usulan ini terlalu awal dan bahkan terlalu cair, tetapi demokrasi boleh siapa pun mengusulkan nama siapa pun, apalagi yang mengusulkan adalah tokoh seperti Eros," ucapnya.

Didik lantas mengusulkan pasangan lain yakni Anies-Mahfud untuk menjadi alternatif lain. 

Anies-Mahfud lebih memunkinkan dibandingkan Mahfud jadi Cawapres dari capres yang diusung PDIP.

"Jika masuk ranah PDIP tidak mudah Mahfud pun bisa menjadi alternatif sebagai pendamping Anies dengan alasan yang sama, yakni antikorupsi. Keduanya alternatif pasangan Anies-Mahfud merupakan mesin double gardan untuk memberantas korupsi yang mendarah daging di negeri ini," ujarnya.

Sumber: detikcom 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »