Siang Ini Pemilihan Wawako Padang Digelar, Pengamat Ingatkan Indikasi Politik Uang

BENTENGSUMBAR.COM - Siang ini, Rabu, 5 April 2023, pemilihan Wakil Walikota Padang digelar. 

Berdasarkan undangan yang beredar, pemilihan digelar pada pukul 14.00 WIB.

Kepastian jadwal pemilihan Wawako Padang tersebut berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Padang tanggal 1 April 2023.

Bamus menyepakati, pemilihan Wakil Walikota Padang digelar pada Rabu, 5 April 2023, pukul 14.00 Wib, bertempat di ruang sidang utama Gedung Bundar Sawahan DPRD Kota Padang.

Pengamat pun angkat suara soal pemilihan Wakil Walikota Padang. Pengamat politik dari Universitas Andalas Doni Hendrik, S. IP, M. Soc. Sc. menjelaskan, money politik berpeluang terjadi saat pemilihan voting yang dilakukan secara tertutup.

"Pemilihan voting secara tertutup berpeluang terjadinya money politik,"  ungkapnya saat dihubungi wartawan, Selasa (4/4).

Doni Hendrik menambahkan, money politik pasti ada di setiap tindakan politik yang di buat. 

"Hal ini dipengaruhi oleh prilaku elite politik belum bersih dalam berpolitik, apalagi dikomandoi oleh partai yang besar," jelasnya.

Mengenai dampak, apakah pemilihan wawako apakah bermanfaat di sisa jabatan 2019 - 2024, Doni Hendrik menjelaskan, seorang politikus akan berhitung secara matang, apakah di sisa jabatan ini akan berdampak kepada elektabilitasnya nya atau tidak.

"Politikus yang ikut serta di sisa jabatan wawako Padang tentu telah melakukan perhitungan matang untuk ikut serta dalam pemilihan wawako ini. Jelas mereka telah melakukan perhitungan yang matang," tutupnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »