Efek Pencapresan Anies Baswedan, Banyak Kader Partai Lain Pindah ke NasDem

BENTENGSUMBAR.COM - Partai NasDem menyebut bahwa ada banyak kader partai politik lain yang pindah ke partai besutan Surya Paloh itu.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Willy Aditya, hal ini merupakan efek dari Anies Baswedan yang diusung sebagai bakal calon presiden partainya.

Namun, Willy mengatakan, untuk pemilu ketiga yang dihadapi Nasdem pada 2024 ini kader pindahan dari partai lain tak sebanyak pada pemilu sebelumnya.

"Ini momentum Nasdem sudah 2 kali (ikut pemilu) kata kakak Prananda, ini yang ketiga ini tidak banyak transferan. Jadi ini sudah mulai solid mengental secara komposisi ya," kata Willy.

Meski tak begitu banyak, Willy menyampaikan, Partai NasDem tetap mendapatkan antuasisme yang tinggi dari masyarakat. Hal ini jika dibandingkan pada pilkada sebelumnya.

"Tidak lebih dari 10 orang yang pindah ke partai NasDem, tapi Nasdem mendapatkan antusiasme dari hasil pilkada sebelumnya dan efek Anis," katanya.

Menurut dia, pada pemilu yang ketiga ini, NasDem merasa jadi lebih percaya diri. Karena, telah mendeklarasikan bakal calon presidennya sendiri. 

Bahkan NasDem jadi partai pertama yang mengumumkan bacapres.

"Tentu tadi kakak Prananda mengatakan keberadaan Nasdem sudah punya capres sendiri ini yang kemudian membuat kita lebih confidence dan itu ada di semua level," ujarnya.

Lebih lanjut, Willy mengatakan bahwa saat ini formasi kader dan calon legislatif di Nasdem banyak diisi oleh mantan birokrat, akademisi, peneliti dan intelektual.

"Kalau berbicara komposisi yang paling banyak di NasDem, yang pertama politisi, yang kedua mantan birokrat karena profesional, yang ketiga peneliti dan intelektual doktornya itu sampai 30, 40 orang doktornya, ada Profesor dua orang," bebernya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Nasional Demokrasi (NasDem), Surya Paloh menargetkan NasDem meraih 100 kursi DPR RI dalam Pemilu 2024.

Hal ini Surya Paloh ungkapkan saat akan melepas rombongan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang akan mendaftarkan diri ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (11/5/2023).

"Ketua Bappilu menyatakan tadi mentargetkan 100 kursi, saya bisa mengatakan Insya Allah itu hal yang wajar menjadi target kita," kata Surya Paloh.

Surya Paloh menyebut, NasDem juga memiliki target untuk meraih peringkat lebih atas dalam parlemen RI.

"Kita memiliki target jelas, kita ingin memposisikan, posisi kita sebagai ranking 4 dalam posisi yang ada di parlemen pada hari ini naik kelas kita," tambah dia.

Sumber: tvone

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »