Ganjar Berharap Dukungan PAN di Pilpres 2024 Bisa Diformalkan

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo berharap Partai Amanat Nasional (PAN) bakal mendukung dirinya di Pilpres 2024.

Ganjar tak menampik PAN secara informal telah mendukungnya, namun belum resmi disampaikan secara terbuka.

"Mudah-mudahan setelah ini (dukungan PAN) bisa diformalkan layaknya ketika PSI menyampaikan itu dan belum diformalkan atau Hanura menyampaikan itu belum diformalkan," kata Ganjar dalam Political Show CNN Indonesia, Senin (1/5).

Sebelumnya Ketua Dewan Pakar PAN Drajad Wibowo menyatakan pengurus PAN banyak menggaungkan nama Ganjar untuk diusung sebagai capres di Pilpres 2024.

Drajad mengatakan kondisi ini terjadi dalam Rapat Koordinasi PAN di Semarang, Jawa Tengah, 26 Februari lalu.

"Secara real politik, jika melihat suara yang berkembang pada saat rapat koordinasi PAN 26 Februari 2023 di Semarang, banyak pemegang hak suara Rakernas PAN yang menggaungkan nama mas Ganjar sebagai Capres, dan nama mas Erick sebagai Cawapres," kata Drajad kepada CNNIndonesia.com, Rabu (26/4) lalu.

Meski demikian, Drajad menyatakan PAN sampai saat ini belum memutuskan secara resmi siapa sosok capres yang diusung.

Menurutnya, aspirasi pengurus PAN kepada Ganjar itu akan menjadi bahan pertimbangan Ketum PAN Zulkifli Hasan dalam menentukan capres dari PAN.

"Ketum juga akan mendiskusikan pengusungan capres-cawapres ini dengan unsur pimpinan PAN yang lain, termasuk antara lain bang Hatta, mas Tris dan saya," ujarnya.

Tak hanya itu, Drajad memastikan Zulhas akan berkomunikasi dengan Jokowi dan ketum parpol lain terkait pilihan capres dari PAN nantinya.

"Jadi secara formal sebelum ada keputusan lain dari Rakernas, dan atau belum diumumkan resmi oleh Ketum, maka secara formal PAN belum mengusung capres-cawapres," katanya.

Ganjar telah diusung PDIP sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Tak lama setelah itu, PPP mengumumkan dukungan kepada gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Dengan demikian Ganjar telah mengantongi dukungan dari dua partai politik pemilik kursi di DPR. 

Selain itu ada beberapa partai nonparlamen yang telah mendukung Ganjar, yakni PSI dan Hanura.

Sumber: CNNIndonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »