Gelar Kopdar dan Halal bi Halal KBRJ, Ini Harapan IB Datuk Rajo Alam

BENTENGSUMBAR.COM - Penghulu suku Jambak Nagari Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM., mengatakan, lahirnya sebuah organisasi adalah karena adanya rasa kebersamaan yang mempunyai satu tujuan dari sebuah komunitas untuk mengayomi kepentingan bersama. 

"Diikrarkannya Rang Jambak Bersatu oleh dunsanak bersuku jambak yang ada di seluruh Indonesia adalah untuk menjalin silaturahmi dan menjaga ukhuwah Islamiah kita selaku orang minang yang beradat, bersuku , beragama di manapun dia berada, sehingga terbentuklah  organisasi Keluarga Besar Rang Jambak (KBRJ) ini," katanya. 

Dikatakannya, rasa kebersamaan ini bisa menjadi sebuah kekuatan yang mengikat rasa persaudaraan dan persatuan diantara para dunsanak bersuku Jambak.

Hal itu disampaikam Irwan Basir dalam sambutannya pada acara Kopi Darat (Kopdar) dan Halal bi Halal Keluarga Besar Rang Jambak  (KBRJ) seluruh Indonesia pada Minggu, 30/4/23 bertempat di Cafe UJ BP By Pass Kampung Lalang Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Lebih lanjut dikatakan,   untuk memperkuat tali silaturahmi diantara sesama Rang Jambak itu, harus mendahulukan rasa kebersamaan, rasa persaudaraan, sadanciang bak basi saciok bak ayam, barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang. 

"Jangan sampai ada kasta dalam KBRJ ini yang bisa membedakan satu dengan yang lainnya," harapnya.

" Jika sudah terhimpun dalam KBRJ ini berarti kita berdunsanak. Saudara kita yang bersuku Jambak, baik yang dari Jabodetabek, dari Dumai, Duri, dari Pasaman dan dari daerah lain yang ada di Indonesia, mari secara bersama-sama memperkuat rasa persatuan  sesama saudara kita bersuku Jambak," ungkap Ninik Mamak yang digadang-gadang bakal maju di Pilkada Kota Padang 2024 ini.

"Tidak ada perbedaan, tidak ada kasta, semuanya adalah Keluarga Rang Jambak Bersatu. Saciok bak ayam, sadanciang bak basi untuk saling membantu diantara sesama suku Jambak," ungkap tokoh yang juga menjabat sebagai ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Ketua Umum KBRJ Roni Putra mengatakan, acara Kopdar dan Halal bi Halal ini dihadiri oleh persatuan suku Jambak yang ada di Indonesia seperti dari Jabodetabek, Duri, Dumai, Pasaman Barat, Payakumbuh, Bukittinggi, Piaman Laweh dan Kota Padang. Acara seperti ini akan selalu diadakan setiap tahunnya.

Juga hadir ketua LKAAM Kota Padang Suardi Dt. Garang yang juga seorang Datuk dari suku Jambak di Pauh IX. 

(NU)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »