Wakili Kota Padang, Ny.Genny Hendri Septa Berharap TP-PKK Bungo Pasang Terbaik Tingkat Sumbar 2023

BENTENGSUMBAR.COM - Mewakili Kota Padang dalam ajang Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2023, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah resmi dinilai, Rabu (24/5/2023) pagi.

Penilaian yang dipusatkan di Lapangan Fasum Komplek Villa Melati Mas RT 01 RW 16, Kelurahan Bungo Pasang itu pun, dipimpin oleh Ketua Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar Ny. Harneli Bahar bersama tim penilaian.

Kedatangan rombongan Tim Penilai pun disambut antusias oleh Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Sekda Andree Algamar dan Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda,Asisten 1 Edy Hasmi,Ketua TP-PKK Kecamatan Koto Tangah Ny. Ernita Darmalis dan Ketua TP-PKK Bungo Pasang Ny. Voni Aprialdi.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik penilaian tersebut. 

Ia pun berharap TP-PKK Kelurahan Bungo Pasang yang mewakili Kota Padang dalam ajang lomba gerakan PKK tingkat provinsi di tahun ini bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Sumbar ke tingkat nasional nantinya.

"Mudah-mudahan kerja keras dari seluruh kader-kader PKK bersama elemen masyarakat dan semua pihak yang mendukung dalam penilaian ini berbuah manis dengan meraih hasil sesuai yang diharapkan. Semoga TP-PKK Kelurahan Bungo Pasang menjadi juaranya," harap Hendri Septa

"Intinya bagaimana TP-PKK bukan hadir untuk mengejar penilaian ini semata, tapi bagaimana PKK sesuai 10 program pokoknya selalu hadir dan berbuat di tengah masyarakat. Alhamdulillah sejauh ini kita merasakan cukup banyak kontribusi nyata PKK bagi masyarakat dan kemajuan Kota Padang khususnya," imbuh Wali Kota Hendri Septa mengapresiasi.

Ia berharap, melalui Lomba Gerakan PKK akan semakin meningkatkan motivasi jajaran pemerintah beserta masyarakat untuk lebih giat mengintegrasikan pemikiran dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kota Padang

"Tujuannya adalah untuk memantau dan mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan di setiap TP-PKK mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan se-Provinsi Sumatera Barat," katanya.

Ketua PKK Tingkat Sumbar Ny.Harneli Bahar menyampaikan,lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2023,ada 5 (lima) jenis lomba yang akan dinilai. 

Pertama Penilaian Kelembagaan dan Tertib Administrasi PKK, kedua Penilaian Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) (Pokja I) dan ketiga Penilaian Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK (Pokja II). 

Kemudian yang keempat Penilaian Kawasan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya PKK) (Pokja III) dan kelima Penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Plus (Pokja  IV).

Ketua TP-PKK Kota Padang Dalam Eksposnya,Ny. Genny Hendri Septa mengatakan, terpilihnya TP-PKK Kelurahan Bungo Pasang mewakili Kota Padang pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2023 dikarenakan mempunyai kelebihan dari TP-PKK kelurahan yang lain di Kota Padang, khususnya terhadap lima kategori penilaian yang telah ditentukan.

"Kita dari TP-PKK Kota Padang insya Allah akan terus berupaya melaksanakan 10 program pokok PKK di tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana sesuai visi gerakan PKK yaitu "Terwujudnya keluarga yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin."

Menurut Ny. Genny Hendri Septa,sesuai misinya, Gerakan PKK adalah meningkatkan pembentukan karakter keluarga melalui penghayatan, pengamalan Pancasila, kegotong royongan serta kesetaraan dan keadilan gender. 

Begitu juga meningkatkan pendidikan daan ekonomi keluarga melalui berbagai upaya keterampilan dan pengembangan koperasi.

"Kita juga selalu berupaya meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang serta perumahan sehat dan layak huni. Kemudian meningkatkan derajat kesehatan keluarga, pelestarian lingkungan hidup, perencanaan hidup sehat serta meningkatkan pengelolaan Gerakan PKK meliputi kegiatan pengorganisasian dan peningkatan sumber daya manusia (SDM)," papar Ketua TP-PKK Kota Padang Ny.Genny Hendri Septa. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »