Wako Hendri Septa Sambut Baik Peserta Latsitardanus XLIII di Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik kehadiran peserta Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII Tahun 2023 yang akan mengabdikan diri dari 19 Mei hingga 7 Juni 2023 di Kota Padang.

Para peserta Latsitardanus yang terdiri dari Taruna Akmil, Taruna AAL, Taruna AAU, Taruna Akpol, Praja IPDN, Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kota Padang itu diserahterimakan oleh Wakil Komandan Resimen Taruna Latihan (Wadanmentarlat) AKBP Ari Yuswan Triyono kepada Wali Kota Padang Hendri Septa dalam upacara penerimaan peserta Latsitardanus XLIII Tahun 2023 di Lapangan Upacara Balaikota Padang, Aie Pacah, Sabtu (20/5/2023) pagi.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Padang, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama para Asisten serta sejumlah pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang.

Seperti diketahui, pembukaan Latsitardanus XLIII Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resmi dibuka oleh Panglima TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (19/5/2023) kemarin.

Mengawali sambutannya, atas nama pribadi, warga Kota Padang dan Pemerintah Kota Padang Wali Kota Hendri Septa menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta Latsitardanus XLIII di Kota Padang. 

Hal yang sama juga ia utarakan kepada para pimpinan TNI, Polri dan perguruan tinggi serta pimpinan dan personil Kompi BS Latsitardanus XLIII yang ditempatkan di Kota Padang.

"Kami tentu bangga dan bahagia atas terpilihnya Kota Padang dari 5 (lima) daerah di Sumatera Barat (Sumbar) sebagai daerah pelaksanaan Latsitardanus XLIII. Semoga Latsitardanus XLIII berjalan sukses dan sesuai harapan," harap Wali Kota milenial tersebut.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu menginginkan Kota Padang dapat memberikan kesan baik bagi peserta Latsitardanus. Begitu pula sebaliknya, memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan kemajuan pembangunan di Kota Padang.

"Kita harapkan Padang menjadi kampung kedua bagi taruna-taruni. Sebagaimana diketahui, untuk pelaksanaan Latsitardanus XLIII di Padang dipusatkan di Kecamatan Lubuk Begalung, tepatnya di kawasan Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX. Cukup banyak kegiatan positif yang dilakukan peserta Latsitardanus nantinya," tambahnya.

Seperti diketahui, Latsitardanus merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV (akhir) Akmil, AAU, AAL dan Akpol sebelum dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri. Kegiatan itu juga diintegrasikan dengan Praja IPDN dan mahasiswa beberapa perguruan tinggi.

Adapun tema Latsitardanus tahun ini yakni "Menuju Sumatera Barat Unggul". Para peserta Latsitardanus nantinya akan melakukan praktek di tengah-tengah masyarakat khususnya mengimplementasikan ilmu yang didapat selama di bangku perkuliahan. 

Tak hanya itu, mereka juga melakukan kegiatan terdiri dari pengerjaan fisik, wisata sejarah/budaya, promosi dan desa digital serta aksi sosial hingga seminar. Seluruh peserta pun diinapkan di rumah masyarakat.

Penempatan pelaksanaan Latsitardanus XLIII Tahun 2023 di Sumbar yakni untuk Kompi BS/Kijang di Kota Padang, Yontarlat II/HIU di Kota Pariaman yang tersebar pada empat Kecamatan 55 Nagari atau Desa.

Kemudian, Yontarlat III/Elang di Kabupaten Pasaman tersebar pada 12 kecamatan 62 nagari dan untuk Yontarlat IV/Kijang di Kota Solok dengan 2 kecamatan 13 nagari. Selanjutnya Yontarlat 1/Macan di Pesisir Selatan dengan 15 kecamatan 182 nagari. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »