Jalin Komitmen Bersama, Wako Hendri Septa Harapkan Semua Pihak Cegah Tawuran dan Balap Liar di Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang (Pemko) Padang bersama unsur Forkopimda dan seluruh pemangku kepentingan di Kota Padang, sepakat menjalin komitmen bersama dalam rangka mencegah terjadinya aksi tawuran, balap liar dan kenakalan remaja lainnya di Kota Padang.

Komitmen bersama itu ditandatangani Wali Kota Padang Hendri Septa bersama unsur Forkopimda Kota Padang dan seluruh pemangku kepentingan termasuk para Kepala Sekolah dan Ketua Komite SMP dan SMA sederajat di Kota Padang di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Jumat (23/6/2023) pagi. 

"Hari ini kita bersama unsur Forkopimda Kota Padang dan seluruh pemangku kepentingan termasuk Kepala Sekolah dan Ketua Komite SMP dan SMA sederajat di Kota Padang sepakat menjalin komitmen bersama untuk memberantas tawuran, balap liar dan kenakalan remaja lainnya. Semoga dengan upaya ini semua pihak terkait termasuk orang tua di rumah bersama-sama mencegah dan melindungi anak-anak kita untuk tidak melakukan aksi yang tidak baik tersebut," ungkap Wali Kota Padang.

Dalam kesempatan itu hadir Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap, Dandim 0312/Padang Kolonel Inf Jadi serta unsur Forkopimda Kota Padang lainnya, seluruh Kepala Sekolah dan Ketua Komite SMP dan SMA sederajat di Kota Padang.

Selain itu juga hadir Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen, Ketua LKAAM Padang Datuak Suardi Rajo Garang serta perwakilan Disdik Sumbar, Kemenag Padang dan sejumlah pemangku kepentingan terkait lainnya. 

Wali Kota Padang Hendri Septa mengharapkan, melalui komitmen bersama ini telah menegaskan bahwa tidak ada lagi tempat untuk aksi tawuran, balap liar dan kenakalan remaja lainnya di Kota Padang. 

"Karena semua pemegang kepentingan di sini sudah sepakat dan akan diminta untuk mengambil tindakan sesuai kewenangan masing-masing. Seperti bagi pihak kepolisian diharapkan mengambil tindakan tegas terhadap peserta didik yang kedapatan melakukan balap liar, tawuran dan kenakalan remaja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Khusus untuk balap liar dan knalpot resing akan dilakukan penahanan kendaraan selama 1 (satu) bulan dan dikenakan sanksi tegas sesuai dengan ketentuan berlaku," ujar Wako tegas. 

Begitu pula sambung Wako Hendri Septa, kepada pihak sekolah juga diminta selalu memantau dan mengawasi peserta didiknya selama proses belajar dan mengajar. Kemudian melakukan razia terhadap barang-barang bawaan yang dibawa setiap peserta didik ke sekolah. 

"Bagi peserta didik yang kedapatan membawa benda berbahaya agar diberikan sanksi. Mulai dari teguran, skorsing hingga pemberhentian dari sekolah," sambung orang nomor satu di Kota Padang tersebut. 

Lebih jauh Wako Padang juga berharap kepada komite/wali murid bertanggungjawab kepada anak yang berada di luar jam sekolah. 

Kemudian memantau kegiatan anak dan membatasi penggunaan kendaraan roda dua pada malam hari yang digunakan untuk balap liar dan tawuran.

"Kita Pemerintah Kota Padang bersama dengan SKPD terkait akan terus melakukan patroli secara berkala dan akan mengambil tindakan tegas bagi peserta didik yang kedapatan melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat sesuai dengan Perda No.11 Tahun 2005.

"Selain itu kita juga berharap para tokoh masyarakat, seluruh Ketua RW/RT serta Ketua LPM dan Ketua Pemuda di Kota Padang ikut memberikan pencerahan kepada orang tua peserta didik dan menjaga daerahnya dari aksi tawuran, balap liar dan kenakalan remaja lainnya." 

"Kita sama-sama tahu dampak dari tawuran, balap liar dan kenakalan remaja ini sangat-sangat merugikan. Tidak saja bagi diri, masa depan dan nyawa mereka namun juga bagi keselamatan orang lain. Untuk itu mulai saat ini saya tegaskan tidak ada lagi tempat untuk aksi-aksi tak terpuji tersebut di kota ini," imbuh Wali Kota tegas.

Dalam kesempatan itu juga hadir mendampingi Wali Kota Padang yakni Plh Sekdako Arfian bersama Kadisdikbud Yupi Krislova serta sejumlah pimpinan OPD terkait lainnya. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »