Atasi Banjir, Satpol PP Dapat Bantuan Biopori 120 Unit dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V

BENTENGSUMBAR.COM - Atasi banjir, Mako Satpol PP dapat bantuan Biopori sebanyak 120 buah dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang. 

Bantuan itu diterima langsung oleh Plh Sekda Kota Padang, Arfian, didampingi Kasat Pol PP Kota Padang, Mursalim dan Kepala Dinas PUPR, Ir. Tri Hardianto di Mako Satpol PP Kota Padang. Selasa (18/7/2023).

Kepala BWS Sumatera V Padang yang diwakili PPKO PSDA 1, Irin, menyerahkan ke Plh Sekda Kota Padang, Arfian dan selanjutnya di serahkan ke Kasat Pol PP Kota Padang, Mursalim yang didampingi Kabid Linmas. Indra Jaya.

Penyerahan Biopori tersebut ditandai dengan memasukan pipa PVC ke lubang yang akan dijadikan Biopori pertama di mako Satpol PP Kota Padang oleh Plh Sekda Kota Padang.

"Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V, berupa Biopori sebanyak 120 buah biopori, yang hari ini kita pasangkan di satpol pp yang mana salah satu mengatasi banjirnya ia mengunakan biopori ini, BWS Sumbar V akan menambahkan lagi Biopori hingga 300 buah,"ujar PLH Sekda Kota Padang Arfian usai memasangkan Biopori di Mako Satpol PP.

Dijelaskan Arfian, Pemerintah Kota Padang akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Balai Wilayah Sungai untuk pemasangan Biopori di seluruh wilayah Kota Padang, karena sangat bagus untuk mengantisipasi genang air saat hujan lebat terjadi di Kota Padang.

"Kita akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai untuk bisa di pasangkan di seluruh wilayah Kota Padang, karena Biopori ini sangat bagus untuk serapan air jika hujan lebat terjadi, sekarang baru 120 dan akan ditambah sampai 300 unit,"imbuhnya.

Ia mengatakan, juga berencana akan memasangkan Biopori tersebut di lapangan Balaikota Bagindo Aziz Chan Air Pacah.

Selain itu, Mursalim Kasat Pol PP Kota Padang mengucapkan terima kasih banyak kepada Plh Sekda Kota Padang, Arfian yang telah berupaya mengatasi banjir di Mako Satpol PP Kota Padang.

"Kami jajaran Satpol PP sangat berterimakasih kepada bapak Plh Sekda yang sudah pasangkan Biopori di Mako Satpol PP, semoga dengan adanya serapan di mako Satpol PP tidak ada lagi genangan air saat hujan, karena setiap hujan lebat, mako selalu digenangi air," tuturnya.

Evakuasi Pohon Tumbang


Personil Linmas Satpol PP Padang Evakuasi satu pohon besar dan rimbun tumbang, akibat akarnya tercabut dari tanah di kawasan Jalan Koto Kaciak, Kelurahan Air Manis Padang, Sumatera Barat, Senin (17/7/2023).

Jalan tersebut adalah jalan penghubung warga kelurahan Air Manis, dari pusat kota melalui jalur lama kawasan perkantoran Camat Padang Selatan. 

Tumpukan pohon tumbang tersebut menghambat akses jalan Masyarakat, maka segera perlu dievakuasi Petugas agar kembali bisa dilewati.

Personil Satlinmas Pol PP bersama warga sekitar turun lakukan evakuasi pohon tersebut, cabang beserta rantingnya dipangkas selanjutnya diangkat petugas dari akses jalan. 

Kepala Bidang Satuan perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Indra Jaya, mengatakan bahwa pohon tumbang ini akibat akar tidak mampu lagi menahan beban dari batangnya, sehingga tercabut dari tanah sehingga pohon tersebut menghambat akses jalan, yang sesegera mungkin dievakuasi sehingga jalan tersebut bisa dilalui.

"Agar akses jalan masyarakat tidak terganggu Personil Satlinmas segera melakukan evakuasi pengangkatan pohon tumbang yang menghambat akses jalan tersebut,"terang Indra Jaya. 

Ikuti Diklat Komponen Cadangan di Rindam I Bukit Barisan


Sebanyak 16  personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan 2 orang dari Dinas Pariwisata Kota Padang tengah mengikuti Diklat Komponen Cadangan (Komcad) di Rindam I Bukit Barisan. 

Diklat Komcad tersebut dimulai sejak awal Mei dan akan berakhir pada 31 Juli mendatang.

"Setelah mengikuti Diklat Komcad mereka akan mengikuti latihan pemantapan  di Pusdik Kopasus Batu Jajar Bandung selama dua minggu," terang Kasatpol PP Mursalim, Senin (17/7/2023).

Lebih lanjut dikatakan Mursalim setelah mengikuti pemantapan mereka akan dilantik sebagai Komponen Cadangan (Komcad) oleh Presiden.

"Pada saat acara pelantikan berlangsung, tujuh orang personel Satpol PP Kota Padang akan menampilkan atraksi bela diri militer," lanjutnya.

Mursalim juga menjelaskan seluruh personel Satpol PP akan mulai kembali  bertugas pada 12 Agustus mendatang. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »