Jokowi Tanya soal Cawapres Koalisi Perubahan, Pengamat Sebut Bukti Tak Ada Masalah Anies Maju sebagai Capres

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan ketika bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), keduanya sempat memperbincangkan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan.

Jokowi menanyakan siapa sosok bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampingi Anies di Pilpres 2024.

Pengamat politik Adi Prayitno menanggapi pertanyaan Jokowi tersebut. 

Selama ini Jokowi disebut-sebut tidak nyaman terkait pencapresan Anies, bahkan ada yang menyebut pihak Istana melakukan penjegalan terhadap Anies. 

Namun dengan Jokowi yang ingin tahu bacawapres Anies, bukti bahwa orang nomor satu di Indonesia tersebut tidak masalah dengan pencapresan Anies. 

"Ada asumsi kalau Pak Jokowi tak nyaman kalau Anies bisa maju, tiba-tiba Pak Surya Paloh ngomong ini. artinya Pak Jokowi pun enggak ada soal," kata Adi, mengutip video yang diunggah di kanal YouTube tvOneNews, Rabu (19/7/2023).  

Sebelumnya Adi Prayitno menuturkan pertemuan Jokowi dan Surya Paloh cukup mengharukan di tengah tensi serius dan menjelang Pemilu 2024.  

"Dari segi Surya Paloh ini luar biasa karena berapa bulan ini jelas NasDem dianggap anak tiri, tidak dianggap bagian dari koalisi, bahkan tidak diajak pertemuan-pertemuan ketum partai pendukung Jokowi," kata Adi.  

Selain itu selama ini Jokowi cukup dikritik dan diserang oleh pihak pendukung Anies.

Bahkan pada Apel Perubahan, pidato Surya Paloh menyinggung bahwa revolusi mental, jargon Jokowi sejak kampanye Pilpres 2014, tidak maksimal. 

Namun meski demikian, Jokowi tetap bersedia bertemu Surya Paloh. 

Hal tersebut tak terlepas dari fakta keduanya berkawan lama, tepatnya sejak NasDem jadi bagian koalisi pendukung Jokowi. 

"Jokowi kan sering diserang, dikritik, bahkan ulang tahun Surya Paloh, Apel Perubahan, dikatakan revolusi mental sayangnya tidak maksimal. Ini yang buat saya haru, sahabat lama, kawan lama, bisa bertemu kembali terlepas apa yang dibicarakan," pungkas Adi.

Sumber: Konten Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »