Peringati Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan, Wako Hendri Septa: Mementum Memupuk Nilai Kepahlawanan

BENTENGSUMBAR.COM - Peringatan hari gugurnya pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan merupakan upaya untuk memupuk kembali nilai - nilai kepahlawanan bagi generasi muda.

Hal tersebut dilakukan agar generasi muda mempunyai semangat dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh Wali Kota Padang kedua tersebut.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa dalam amanatnya sewaktu menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan ke-76, di Lapangan Upacara Balaikota Padang Aie Pacah, Rabu (19/7/2023).

"Mari kita jadikan peringatan hari gugurnya Bagindo Aziz Chan ini untuk memupuk kembali nilai - nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Caranya adalah dengan memanfaatkan waktu yang kita miliki untuk kegiatan yang positif seperti rajin belajar belajar, ciptakan prestasi-prestasi, dan pembangunan-pembagunan agar bangsa kita sejajar dengan bangsa lain," ucap Wako Hendri Septa.

Wako Hendri Septa menceritakan, tepat 19 Juli memang menjadi tanggal bersejarah yang tidak bisa dilupakan khususnya bagi warga Kota Padang. 

Hal itu dikarenakan, pada tanggal tersebut tepat 76 tahun yang lalu telah terjadi peristiwa heroik yaitu gugurnya seorang Bagindo Aziz Chan yang ditembak secara mengenaskan oleh serdadu Belanda. 

Hebatnya, demi mempertahankan Kota Padang, pahlawan nasional itu memiliki jiwa ksatria bahkan rela mengorbankan jiwa dan raganya. 

Adapun kata yang selalu dilontarkannya adalah 'Langkahi Mayat Saya Dahulu, Baru Belanda Dapat Memperluas Wilayah Operasinya".

"Alhamdulillah pada tahun ini kita di Kota Padang sudah berada di dalam situasi yang kembali membaik pascapandemi Covid-19. Lebih kurang dua tahun melanda, bencana tersebut telah membuat seluruh lapisan masyarakat menghadapi dampaknya," tutur Wako.

"Mari kita warisi nilai-nilai kepahlawanan dan kejuangan almarhum Bagindo Aziz Chan untuk bersama-sama membangkitkan ekonomi Kota Padang dengan segala kemampuan yang kita punya. Upaya ini adalah salah satu bentuk perjuangan dari kita bagi kota yang kita cintai ini," pungkas Wako.

Pada momentum peringatan Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan ke-76 tahun 2023 tersebut, Wali Kota Padang menyerahkan bantuan kepada 15 orang keluarga miskin Dewan Harian Cabang (DHC) '45 Kota Padang sebesar 1 juta perorang, serta santunan kematian dari BPJS Ketanagakerjaan Kota Padang untuk anggota Tagana Kota Padang sebesar Rp 42 juta.

Peringatan Hari Gugurnya Pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Sekdako Padang Andree Algamar, Ketua DWP Ny. Vanny Andree Algamar, para asisten, unsur Forkopimda Kota Padang, serta Keluarga Bagindo Aziz Chan. (Mul/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »