Pengamat Sebut ‘Jokowi Effect’ Jadi Keuntungan Prabowo Gandeng Gibran di Pilpres 2024

Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Pasangan calon Presiden dan wakil presiden dari Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).
Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Pasangan calon Presiden dan wakil presiden dari Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).
BENTENGSUMBAR.COM
– Pengamat Politik Universitas Airlangga Hari Fitrianto menyebut, bakal capres Prabowo Subianto mendapatkan banyak keuntungan dengan menggandeng Gibran Rakabuming sebagai pendampingnya di Pilpres 2024. Menurutnya, ada faktor “Jokowi Effect” tersemat dalam diri Wali Kota Surakarta itu.

"Saya kira ada banyak hal dari Gibran, yang bisa dikapitalisasi, bisa didorong menjadi sumber daya pemenangan juga strategi kampanye," kata Hari di Surabaya, Rabu 25 Oktober 2023, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Hari menilai faktor “Jokowi Effect” itu bisa didapatkan pasangan Prabowo-Gibran karena memiliki kedekatan lebih dengan Joko Widodo. Sementara dua pasangan lain, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD maupun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tidak memiliki hal tersebut.

Faktor kedekatan itu tentunya dikatakan Hari karena Gibran merupakan anak sulung Presiden Jokowi. Sedangkan Prabowo merupakan Menteri Pertahanan yang dipercaya Jokowi di Kabinet Indonesia Maju.

Dengan adanya faktor kedekatan itu, Hari menyebut Prabowo-Gibran bisa mengklaim bahwa mereka adalah suksesor kepemimpinan Jokowi.

"Prabowo-Gibran bisa melakukan klaim secara terbuka bahwa mereka ini suksesor dari kepemimpinan Jokowi selama dua periode ini, mereka adalah penerus karena yang satu menterinya dan satu lagi anak kandungnya," ujarnya.

Gibran bisa raup suara milenial dan generasi Z

Selain soal Jokowi Effect, Hari menilai meski Prabowo berpengalaman sebagai peserta pilpres, hal itu belum dirasa cukup. Pasalnya, pada konstelasi politik tahun depan, pemilih dari kalangan pemuda memiliki jumlah besar.

Berdasarkan catatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) milenial untuk Pemilu 2024 ada 68.822.389 atau 33,60 pemilih. Dan pemilih kalangan generasi z sebesar 46.800.161 atau 22,85 persen dari total keseluruhan DPT yang berjumlah 204.807.222.

Menurut dia, karena faktor target meraup suara milenial dan gen Z inilah Prabowo menggandeng Gibran yang masih berusia 36 tahun. Gibran dinilai bisa menjadi jembatan untuk mendulang suara dari kalangan tersebut.

"Tinggal bagaimana masyarakat percaya dengan story telling Gibran terkait dirinya, apakah Gibran bisa meyakinkan mereka," ucap Hari.

Prabowo-Gibran daftar ke KPU

Pasangan bakal capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming resmi mendaftar sebagai peserta Pilpres ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. Prabowo-Gibran didampingi langsung para ketua partai Koalisi Indonesia Maju saat mendaftar.

Tampak hadir dalam rombongan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Dengan resminya Prabowo-Gibran mendaftar sebagai peserta, Pilpres 2024 akan mempertarungkan tiga paslon capres dan cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »