Sehari Berkantor Lubuk Kilangan, Wako Hendri Septa Serahkan Bantuan UEP bagi Disabilitas dan Lansia

Sehari Berkantor Lubuk Kilangan, Wako Hendri Septa Serahkan Bantuan UEP bagi Disabilitas dan Lansia
Walikota Padang Padang Hendri Septa menyerahkan bantuan sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi 4 (empat) orang warga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan.
BENTENGSUMBAR.COM
- Di dalam kegiatan "Sehari Berkantor di Kecamatan" yang kali ini dipusatkannya di Kecamatan Lubuk Kilangan, Senin (16/10/2023), Walikota Padang Padang Hendri Septa menyerahkan bantuan sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi 4 (empat) orang warga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan.

Bantuan tersebut diserahkan Wako Hendri Septa pada masing-masing keluarga penerima manfaat di Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan, Kelurahan Banda Buek, Senin (16/10/2023).

Dalam sambutannya, Wako Hendri Septa mengatakan, bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemerintah Padang terhadap warga kurang mampu dan para pelaku usaha kecil yang ada di Kota Padang.

"Alhamdulillah wa syukurillah, hari ini kita bersyukur sekali bisa kembali memberikan bantuan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang memang sangat membutuhkannya. Semoga bermanfaat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," harap Wako.

Wako Hendri Septa menambahkan, total jumlah uang yang diberikan bagi 4 keluarga penerima manfaat ini senilai Rp. 21.196. 360, dengan rincian yakni, bantuan UEP Disabilitas Pijat Refleksi ( Disabilitas Netra) sebesar Rp 4.820.800, bantuan UEP Disabilitas Dagang Harian (Disabilitas Fisik) sebesar Rp. 4.732.500, bantuan UEP Lanjut Usia  sebesar Rp. 6.543.860 dan bantuan UEP Alat Bantu Dengar  sebesar Rp.5.100.000.

"Uang senilai RP 21.196.360 ini kita berikan dalam bentuk barang kebutuhan pokok, perabot rumah tangga dan alat bantu dengar bagi tunanetra," ucap Wako Hendri Septa didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Kadis Sosial Heriza Syafani dan Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra Ifadi.

Adapun bantuan UEP Disabilitas Pijat Refleksi ( Disabilitas Netra) sebesar Rp 4.820.800 diterima Rusli (43 thn) yang  tinggal di Kelurahan Bandar Buat. Selanjutnya bantuan UEP Disabilitas Dagang Harian (Disabilitas Fisik) sebesar Rp. 4.732.500 yang diterima Erwin (49 thn) yang tinggal di Kelurahan Padang. Selanjutnya bantuan UEP Lanjut Usia  sebesar Rp. 6.543.860 yang diterima oleh Armaini (63 thn) yang tinggal di Kelurahan Bandar Buat. Selanjutnya bantuan UEP Alat Bantu Dengar sebesar Rp. 5.100.000 yang diterima Israq Al Fajar (17 Thn).

Kunjungi Puskesmas

Walikota Padang Hendri Septa mengunjungi Puskesmas Lubuk Kilangan, yang berlokasi di jalan Raya Bandar Buat, Senin (16/10/2023).
Walikota Padang Hendri Septa mengunjungi Puskesmas Lubuk Kilangan, yang berlokasi di jalan Raya Bandar Buat, Senin (16/10/2023).
Guna memastikan pelayanan kesehatan berjalan baik dan optimal, Walikota Padang Hendri Septa mengunjungi Puskesmas Lubuk Kilangan, yang berlokasi di jalan Raya Bandar Buat, Senin (16/10/2023).

Kedatangan Wako Hendri Septa disambut langsung oleh Kepala Puskesmas Lubuk Kilangan, drg. Afridawati bersama para ASN dan dokter yang bertugas sekaligus, berinteraksi dengan para pasien yang tengah berobat. Diketahui kunjungan ini juga dalam rangka Program Sehari Berkantor di Kecamatan Wali Kota Padang, yang kali ini dipusatkan di Kecamatan Lubuk Kilangan.

"Saya ingin pelayanan kesehatan di setiap Puskesmas itu harus prima kepada masyarakat. Begitu juga terkait fasilitas kesehatan yang tersedia, semuanya harus sesuai standar yang ditetapkan, inilah tujuan saya turun kelapangan untuk memastikan ini berjalan dengan baik," imbuh Wali Kota di sela peninjauan.

Wako Hendri Septa menambahkan, saat ini seluruh Puskesmas di Kota Padang tengah mengikuti akreditasi sebagai syarat peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes Republik Indonesia (RI).

"Alhamdulillah sebanyak 16 Puskesmas sudah keluar hasilnya. 14 memperoleh akreditasi Paripurna, dan 2 kategori Utama. Mudah - mudahan sisanya nanti bisa segera keluar dan memperoleh hasil yang memuaskan,” pungkas Wako Hendri Septa didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi dan Kadis Kesehatan Sri Kurniati.

Serahkan Alat Penunjang Produksi 

Wali Kota saat menyerahkan bantuan peralatan penunjang produksi bagi kelima pelaku UMKM tersebut di Perumnas IV Indarung RT 04 RW 07, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Senin (16/10/2023).
Wali Kota saat menyerahkan bantuan peralatan penunjang produksi bagi kelima pelaku UMKM tersebut di Perumnas IV Indarung RT 04 RW 07, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Senin (16/10/2023).
Di bawah kepemimpinan Wali Kota Padang Hendri Septa dan Wakil Wali Kota Ekos Albar, Pemerintah Kota Padang terus berupaya meningkatkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Padang. Hal itu guna menunjang sektor perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah saya sangat beryukur sekali dapat kembali menyerahkan bantuan peralatan penunjang produksi bagi pelaku UMKM di Kota Padang. Kali ini bagi 5 (lima) orang pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki)," ungkap Wali Kota saat menyerahkan bantuan peralatan penunjang produksi bagi kelima pelaku UMKM tersebut di Perumnas IV Indarung RT 04 RW 07, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Senin (16/10/2023).

Seperti diketahui, bantuan peralatan penunjang produksi yang diserahkan Wali Kota Padang saat itu diantaranya berupa satu unit blender diterima atas nama UMKM Uni Maira, satu unit kulkas diterima UMKM Warung Ayu, satu uni mesin sarikayo diterima Penjahit Tresia serta dua unit kulkas yang masing-masingnya diterima oleh pelaku usaha Kedai Kuyaik dan P&D Eri.

"Bantuan ini bersumber dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang. Tujuannya adalah untuk mempermudah dan menunjang produktivitas pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Luki ini. Semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya," imbuh Wako Hendri Septa didampingi Kepala Diskop dan UKM Fauzan Ibnovi saat itu.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu menuturkan bahwa Pemerintah Kota Padang akan terus berupaya menggerakan sektor UMKM di Kota Padang.

"Kita akan terus berupaya memberi solusi dan meningkatkan penjualan serta produktivitas UMKM. Sektor UMKM harus bangkit di masa sekarang ini, karena kita harus menjadi tuan rumah di rumah sendiri," ucap sang Wali Kota bersemangat.

Pada kesempatan itu, salah seorang penerima bantuan Mairawati (47) yang mempunyai nama usaha Uni Maira mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemko Padang seperti penyerahan bantuan kali ini.

"Alhamdulillah kita menerima bantuan alat penunjang produksi dari pak Wali Kota. Semoga dengan adanya bantuan ini pendapatan usaha kita semakin meningkat," harapnya.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasmy, Kepala Disdukcapil Teddy Antonius, Kepala Dinas Sosial Heriza Syafani serta Kepala DKK Srikurnia Yati, Kepala Dinas Pertanian Yoice Yuliani dan Kepala DPRKP Raf Indria.

Selaitu itu juga hadir Kabag Prokopim Imral Fauzi, Kabag Umum Harry Khrisna Mulya serta Camat Luki Elfian Putra Ifadi bersama unsur Forkopimca dan Lurah se-Kecamatan Luki. 

Beri Motivasi dan Serahkan KTP-el

Wako Padang menyerahkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi 15 murid SMA Semen Padang yang sudah berumur di atas 17 tahun.
Wako Padang menyerahkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi 15 murid SMA Semen Padang yang sudah berumur di atas 17 tahun.
Mengawali program "Sehari Berkantor di Kecamatan" yang kali ini dipusatkannya di Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Senin (16/10/2023), Wali Kota Padang Hendri Septa memberikan motivasi bagi peserta didik di SMA Semen Padang.

Berbagai motivasi pun disampaikan sang Wali Kota sewaktu didapuk menjadi pembina upacara di salah satu SMA swasta favorit di Kota Padang itu.

Selain itu, pemimpin Kota Padang juga menyerahkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi 15 murid SMA Semen Padang yang sudah berumur di atas 17 tahun.

Wako Hendri Septa menyampaikan selamat bagi murid SMA Semen Padang yang menerima KTP-el kali ini. Penyerahan KTP-el tersebut katanya, merupakan program PERNIK DASI SMA (PEnyerahan ktp elektroNIK kepaDA SIswa uSia peMulA) yang diinisiasi oleh Disdukcapil Kota Padang dengan menyasar seluruh SMA sederajat di Kota Padang.

"Alhamdulillah, hari ini di samping menjadi pembina upacara saya juga menyerahkan KTP-el bagi peserta didik di SMA Semen Padang. Semoga anak-anak semua yang sudah layak mempunyai KTP dapat mempergunakannya sesuai kebutuhan dan keperluan," ujar Wali Kota di hadapan sebanyak 436 murid SMA Semen Padang tersebut.

Lebih lanjut pemimpin Kota Padang itu juga memberikan motivasi sekaligus mengimbau para peserta didik untuk menjadi pelajar yang baik dan terus melahirkan berbagai prestasi. 

Begitu pula yang tak kalah pentingnya ia memesankan agar terhindar dari hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas dan berbagai bentuk kenakalan remaja lainnya.

"Mari kita terus giat belajar untuk bisa menjadi generasi yang berkualitas. Teruslah kembangkan potensi diri dan terutama sekali ibadah jangan sampai lupa. Jangan lupa berbakti dan meminta doa restu dari orang tua, karena ridha Allah SWT terletak kepada kedua orang tua kita," pungkas Wali Kota mengakhiri arahannya.

Di sela kegiatan, Rani Aulia, murid kelas XI SMA Seme Padang mengungkapkan rasa bahagianya mendapatkan KTP-el gratis kali ini.

"Saya dan teman-teman sangat bahagia dan berterima kasih mendapatkan KTP-el ini secara gratis. Apalagi yang menyerahkan langsung bapak Wali Kota," tuturnya dengan wajah senang.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasmy, Kepala Disdukcapil Teddy Antonius, Kepala Dinas Sosial Heriza Syafani serta Kepala Diskop dan UKM Fauzan Ibnovi, Kepala DKK Srikurnia Yati, Kepala Dinas Pertanian Yoice Yuliani dan Kepala DPRKP Raf Indria.

Selaitu itu juga hadir Kabag Prokopim Imral Fauzi, Kabag Umum Harry Khrisna Mulya serta Camat Luki Elfian Putra Ifadi bersama unsur Forkopimca dan Lurah se-Kecamatan Luki. 

Ketua Yayasan Semen Padang dan pengurus beserta para Kepala Sekolah TK, SD, SMP dan SMA Semen Padang juga terlihat di kesempatan itu. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »