7 Kegunaan Luar Biasa Tusuk bambu Sate untuk Memasak

7 Kegunaan Luar Biasa Tusuk bambu Sate untuk Memasak
Salah satu fungsi tusuk bambu yang menarik adalah untuk mengukus dim sum agar tetap berbentuk bulat dan cantik saat matang.
BENTENGSUMBAR.COM
- Tusuk bambu sate bukan sekadar alat untuk menikmati sate. Tusuk bambu yang terbuat dari bambu ini ternyata memiliki banyak kegunaan dalam memasak. Berikut 7 kegunaan tusuk bambu untuk memasak yang tidak kalah luar biasa.

1. Memanggang Makanan Kecil

Terong, cabai, sosis, daging kecil, kentang, bawang merah, dan sebagainya bisa Anda jadikan camilan lezat dengan cara ditusuk tusuk bambu. Tusuk-tusuk makanan tersebut kemudian panggang sampai matang dan berwarna kecoklatan hampir mirip seperti yakitori. Sajikan dengan saus sambal atau mayones sebagai camilan menemani waktu santai. 

2. Mengukus Dim Sum

Salah satu fungsi tusuk bambu yang menarik adalah untuk mengukus dim sum agar tetap berbentuk bulat dan cantik saat matang. Tusukkan ke dim sum seperti siomay atau pangsit sebelum dikukus agar tetap kompak dan menarik saat matang.

3. Membuat Pie Susu

Pie susu yang cantik tentu menggunakan loyang pie khusus. Namun, jika Anda tidak memilikinya, gunakan tusuk bambu sebagai pengganti cetakan. Tusukkan ke adonan pie hingga membentuk mangkok kecil. Kemudian kukus, isi dengan fla, dan panggang di oven. 

4. Membuat Es Krim

Untuk meracik es krim homemade, tusuk es krim dapat Anda gunakan sebagai stik es krim. Tusukkan ke adonan es krim semi beku dan bekukan kembali sampai membeku total kemudian santap. Rasanya seperti es krim stik pada umumnya.

5. Menghias Kue Ulang Tahun 

Tusuk bambu mini banyak dijual untuk menghias kue ulang tahun agar terlihat lebih cantik. Dengan tusuk bambu, Anda bisa menusuk buah-buahan atau hiasan pilihan ke kue agar terlihat lebih rapi dan menarik. 

6. Membuat es tusuk Buah / es kulkul

Selain menjadi stik es krim, tusuk bambu juga cocok dijadikan stik lolipop buah. Potong buah-buahan seperti stroberi, anggur, melon, atau apel, pisang menjadi bentuk yang menarik, kemudian tancapkan ke tusuk bambu. Bekukan lalu bisa dicelupkan kedalam coklat cair dan diberikan topping seperti messes dan lainnya.

7. Sate Daging atau Seafood 

Jenis daging dan seafood tertentu juga cocok dijadikan sate menggunakan tusuk bambu, seperti daging sapi, udang, cumi-cumi, atau kepiting. Bumbuilah bahan-bahan tersebut agar lebih lezat sebelum ditusuk bambu dan dipanggang. Sajikan sebagai hidangan pembuka yang unik dan lezat. Jangan lupa untuk tambahkan saos sambal, saos tomat dan mayonnaise untuk rasa yang lebih nampol.

Tertarik mencoba berkreasi dengan tusuk bambu? Berikut 5 tips menggunakan tusuk bambu agar memasak makin praktis.

5 Tips Menggunakan Tusuk bambu

1. Gunakan tusuk bambu dari bambu alami agar aman saat dipanaskan.

2. Tusuk bahan makanan dengan hati-hati agar merata dan rapi. 

3. Pastikan tusuk bambu kering sebelum digunakan agar tidak mencemari rasa dan tekstur makanan. 

4. Bersihkan tusuk bambu sebelum dan sesudah digunakan agar tetap higienis.  

5. Jangan gunakan kembali tusuk bambu sekali pakai untuk menghindari kontaminasi.

Demikian artikel tentang kegunaan tusuk bambu untuk memasak. Jangan ragu berkreasi dengan tusuk bambu untuk memasak makanan lebih praktis dan menarik. Tusuk bambu berkualitas bisa Anda dapatkan di Blibli dengan pilihan lengkap!

Sekian artikel dari kami, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam berkreasi saat memasak. Sampai jumpa lagi di artikel tips dan trik lainnya, bye readers see you next time! (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »