Dapil Sumatera Barat 1: Ini Partai yang Raih Suara Sementara di Atas 4%, Verry Mulyadi Tertinggi di Gerindra

Dapil Sumatera Barat 1: Ini Partai yang Raih Suara Sementara di Atas 4%, Verry Mulyadi Tertinggi di Gerindra
Verry Mulyadi, calon anggota legislatif (Caleg) pendatang baru untuk DPRD Sumbar di dapil Sumatera Barat 1 dari Partai Gerindra.
BENTENGSUMBAR.COM
- Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat (Sumbar) 1 hanya terdiri dari Kota Padang dengan jumlah kursi yang diperebutkan 10 kursi.

Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang sebagai dapil Sumbar 1 tentu saja menjadi pertarungan sengit partai politik, karena memiliki pemilih yang heterogen dan besar.

Seperti dilihat BentengSumbar.com pada Sabtu, 24 Februari 2024, di situs https://pemilu2024.kpu.go.id/, progres 1.549 dari 2.681 TPS (57,78%), perolehan suara sementara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih berada di posisi puncak, disusul Partai Gerindra, dan Nasdem.

Menariknya, calon anggota legislatif (Caleg) pendatang baru untuk DPRD Sumbar di dapil ini tak kalah bersaing dengan caleg petahana, seperti Verry Mulyadi meraih suara tertinggi di Partai Gerindra. 

Begitu juga dengan caleg pendatang baru Muhammad Iqra Chissa Putra di Partai Golkar, Nanda Satria di Partai Nasdem, dan Gino Irwan di Partai Demokrat.

Berikut persentase perolehan suara sementara partai politik dan caleg suara terbanyak di masing-masing partai yang berada di posisi di atas 4 persen:

1. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih 20, 34 % dan Gustami Hidayat merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 9.006 suara.

2. Partai Gerindra meraih 18, 99% dan Verry Mulyadi merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 8.863 suara.

3. Partai Nasdem meraih 14, 41% dan Nanda Satria merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 4.523 suara.

4. Partai Golkar meraih 9, 43% dan Muhammad Iqra Chissa Putra merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 6.276 suara.

5. Partai Amanat Nasional (PAN) meraih 8, 96% dan H Indra Dt. Rajo Lelo merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 6.565 suara.

6. Partai Demokrat meraih 6,79% dan Gino Irwan merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 3.158 suara.

7. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih 5, 02% dan Albert Hendra Lukman merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 6.019 suara.

8. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 4, 53% dan Dahler Dt. Penghulu Sati merupakan caleg peraih suara terbanyak, yaitu 1.481 suara.

Adapun posisi ke-9 dipegang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan 3,72% dan ke-10 Partai Umat dengan perolehan 2.73%.

Jika PKS dan Gerindra masing-masing mendapat 2 kursi di Dapil Sumbar 1, maka otomatis PPP dan Partai Umat gagal duduk di DPRD Sumbar.

Disclaimer:

1. Publikasi Form Model C/D Hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan untuk memudahkan akses informasi publik.

2. Penghitungan suara yang dilakukan oleh KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »