Tiga Caleg Petahana DPRD Kota Padang Tumbang di Dapil 4 Lubeg-Bungtekab

Tiga Caleg Petahana DPRD Kota Padang Tumbang di Dapil 4 Lubeg-Bungtekab
Tiga orang calon anggota DPRD Kota Padang petahana tumbang di daerah pemilihan (Dapil) Kota Padang 4 pada pemilu Rabu, 14 Februari 2024.
BENTENGSUMBAR.COM
- Tiga orang calon anggota DPRD Kota Padang petahana tumbang di daerah pemilihan (Dapil) Kota Padang 4 pada pemilu Rabu, 14 Februari 2024.

Di Dapil Kota Padang 4 meliputi Kecamatan Lubuk Begalung dan Bungus Teluk Kabung dengan jumlah kursi yang diperebutkan 7 kursi di DPRD Kota Padang.

Pada pemilu 2024 ini, caleg petahana yang maju kembali mengadu peruntungan di Dapil Kota Padang 4 adalah Dewi Susanti, Elly Thrisyanti dan Amran Tono dari Partai Gerindra.

Selain itu, Jufri dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Mur Ikhwan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan Asrizal dari PAN tidak maju lagi di pemilu 2024 ini.

Namun tragis, tiga orang dari caleg petahana tersebut terpaksa gigit jari karena tidak mampu meraih suara tertinggi dari partai mereka.

Meski Partai Gerindra keluar sebagai pemenang pemilu di Dapil Kota Padang 4, namun hanya mendapat 1 kursi dari dapil tersebut.

Merujuk hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Lubuk Begalung dan Bungus Teluk Kabung, partai Gerindra meraih 15.047 suara dan mendapat kursi pertama atas nama caleg Dewi Susanti yang meraup 4.268 suara pemilih Gerindra.

Ironisnya, dengan konversi suara menjadi kursi menggunakan metode divisor sainte lague, Gerindra gagal meraih kursi kedua karena kalah suara dari partai Demokrat yang meraup 5.985 suara.

Sisa suara partai Gerindra dengen pembagi 3 hanya tinggal 5.015 suara, sehingga gagal mendapatkan kursi kedua untuk Amran Tono, apalagi kursi ketiga untuk Elly Thrisyanti.

Merujuk situs https://pemilu2024.kpu.go.id/ pada Kamis, 29 Februari 2024, Amran Tono berhasil meraup 3.945 suara dan Elly Thrisyanti meraup 2.752 suara.

Nasib yang sama juga dialami caleg petahana dari PPP, yaitu Mur Ikhwan. Ia terpaksa gigit jari, karena meski PPP keluar sebagai pemenang kedua di dapil tersebut, hanya mendapat 1 kursi di DPRD Kota Padang.

Di Dapil Kota Padang 4 ini, PPP meraup 11.245 suara sebagai partai pemenang kedua dan mengantarkan Indra Guswadi dengan raihan 5.212 suara ke kursi empuk DPRD Kota Padang.

Artinya, dengan bilangan pembagi 3, maka sisa suara PPP hanya tinggal 3.748 suara dan itu tidak cukup untuk meraih kursi terakhir yang dikunci oleh partai Demokrat.

Meski demikian, hasil pastinya tetap harus menunggu pleno ditingkat KPU Kota Padang.

Jadi harus bersabar ya! Orang sabar dan mensucikan diri dicintai Allah, "Innallah ma'asyobirin wa muthothohirin." (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »