Diskominfo Bukittinggi adakan Workshop Kesiapsiagaan Penanganan Insiden Siber

Diskominfo Bukittinggi adakan Workshop Kesiapsiagaan Penanganan Insiden Siber
Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika  mengadakan workhop kesiapsiagaan penanganan insiden siber.
BENTENGSUMBAR.COM
- Bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),  Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika  mengadakan workhop kesiapsiagaan penanganan insiden siber.

Kegiatan workshop tersebut, diikuti seluruh SKPD dan bagian Sekretariat di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Kegiatan itu dibuka Wako Bukittinggi Erman Safar,diwakili Kadis Kominfo, di Aula Balai Kota Bukittinggi, Kamis,(25/04).

Wali Kota Bukittinggi, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bukittinggi Suryadi, menyampaikan, dalam rangka pelaksanaan Manajemen Keamanan Informasi SPBE.

Maka Pemerintah Daerah perlu melakukan langkah-langkah terpadu dan terarah yakni dengan membentuk Tim Tanggap Insiden Siber atau lebih dikenal dengan Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Untuk itu, workhop kesiapsiagaan penanganan insiden siber ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menangani insiden siber

“Transformasi digital yang terus berkembang saat ini sangat potensi ancaman dan serangan siber. untuk itu penting bagi semua pihak untuk memahami strategi dan implementasi penanganan insiden siber, termasuk persiapan, respons, dan tindak lanjut yang melibatkan sumber daya manusia, kebijakan, dan teknologi,” ungkapnya

Lebih lanjut Suryadi mengatakan, CSIRT (Computer Security Incident Response Team (CSIRT) adalah organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau, dan menanggapi laporan dan insiden siber. 

Anggota dari Tim CSIRT ini terdiri dari Personil yang terampil yang dilatih untuk mendeteksi, menilai dan mengurangi insiden siber dengan segera, ungkapnya.

Workshop kesiapsiagaan penanganan insiden siber ini menghadirkan dua narasumber dari Badan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yaitu Dr. Lukman Nur Hakim, SE, MM dan Achmad Ridho, S.Tr.TP.
( Yus)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »