Pemko Bukittinggi Kembali Terima Penghargaan

Pemko Bukittinggi Kembali Terima Penghargaan
Kembali Pemerintah Kota Bukittinggi yang dipimpin Wako Erman Safar, menerima penghargaan.
BENTENGSUMBAR.COM
- Kembali Pemerintah Kota Bukittinggi yang dipimpin Wako Erman Safar, menerima penghargaan.

Penghargaan kali ini atas Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender Tahun 2023 dengan predikat sangat memuaskan.

Penghargaan tersebut diberikan pada acara Musrenbang Terintegrasi Provinsi Sumbar, di Hotel Pangeran Beach. Kamis (18/04).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi upaya dari DP3APPKB dan dinas terkait lainnya, yang telah berupaya melakukan, untuk pemenuhan status dan kondisi antara laki-laki dan perempuan di Kota Bukittinggi.

Dengan upaya itu, Bukittinggi berhasil mendapat penghargaan dengan predikat sangat memuaskan, ujar Wako.

Menurut Wako Erman Safar, penghargaan yang diterima ini, membuktikan keseriusan pemerintah kota Bukittinggi dalam pelaksanaan hubungan relasi akses dalam pemenuhan status dan kondisi antara laki-laki dan perempuan di kota Bukittinggi.

Wako berharap, dengan adanya RAD PUG ini, dapat mewujudkan pembangunan di Kota Bukittinggi yang adil, efektif dan akuntabel oleh seluruh penduduk, baik perempuan, laki-laki, anak perempuan dan anak laki-laki, agar kepentingan perempuan dan laki-laki dapat tertampung, Sehingga keduanya dapat menikmati hasil pembangunan secara berimbang, ungkapnya, Sabtu (20/04).

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), Nauli Handayani, menambahkan, penerimaan penghargaan ini didasari, pelaporan RANDA PUG secara online untuk checkpoint Bulan Ketiga (B03), Bulan Keenam (B06), Bulan Kesembilan (B09) dan Bulan Kedua belas (B12) pada Sistem Monitoring dan Evaluasi KSP.

Selanjutnya laporan tersebut ditindaklanjuti dengan verifikasi oleh Anggota Tim Penggerak Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Provinsi Sumatera Barat, yang terdiri dari Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Inspektorat dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

"Dari verifikasi itu, dinyatakan Bukittinggi telah mencapai hasil secara maksimal dengan penilaian sangat memuaskan untuk sebagian aksi dengan nilai biru dan nilai hijau.

Disebutkan, untuk nilai biru dengan predikat sangat memuaskan adalah capaian lebih dari 100% dan nilai hijau dengan predikat memuaskan untuk capaian 75.01% -100%," jelasnya.

Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender yang selanjutnya disebut RAD PUG, merupakan dokumen perencanaan sebagai pedoman dalam upaya melaksanakan strategi pembangunan dengan mengintegrasikan gender menjadi satu kesatuan dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, ungkapnya. (Hermiko)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »