Sukses Meniti Karir di Birokrasi dan Paham Persoalan, Alasan Parpol Dorong Amasrul Maju di Pilkada Kota Padang: Saya Siap dan Serius!

Sukses Meniti Karir di Birokrasi dan Paham Persoalan, Alasan Parpol Dorong Amasrul Maju di Pilkada Kota Padang: Saya Siap dan Serius!
Sosok Amasrul menjadi pusat perhatian partai politik (Porpol) menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang, 27 November 2024.
BENTENGSUMBAR.COM
- Sosok Amasrul menjadi pusat perhatian partai politik (Porpol) menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang, 27 November 2024.

Pasalnya, sebagai putra asli Koto Tangah dan sebagian besar karir birokrasinya dihabiskan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Padang, sosok Amasrul memiliki dikenal luas di Ranah Bingkuang, baik di kalangan elit maupun rakyat badarai.

Merintis karir sebagai staf di kelurahan, karir Amasrul terus menanjak. Beberapa jabatan penting pernah dipegangnya di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemko) Padang.

Amasrul pernah sukses menjadi Camat Koto Tangah. Ia juga pernah menjabat Kepala Bagian Pertanahan Pemko Padang Amasrul juga sukses mendorong pembebasan lahan jalan Bypass.

Amasrul juga pernah mengurus permasalahan sosial di Ranah Bingkuang ketika menjabat Kepala Dinas Sosial Kota Padang masa bhaktu 2016 hingga 2019.

Pada Jumat, 1 Februari 2019, Amasrul dilantik menjadi Pj Sekdako Padang dan pada Senin, 25 Maret 2019, Amasrul dilantik sebagai Sekretaris Daerah Kota Padang (Sekdako) Padang oleh Walikota Padang saat itu, Mahyeldi Ansharullah.

Usai non aktif menjadi Sekdako Padang, Amasrul tetap terpakai. Bahkan dia dilantik Gubernur Mahyeldi sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat pada Senin, 23 Agustus 2021.

Amasrul juga dikenal luas sebagai sosok pejabat Pemko Padang yang terdepan bersama ninik mamak dan anak nagari memperjuangkan hak-hak pemilik tanah di sepanjang jalan Bypass yang diduga dikuasai oleh mafia tanah.

Sukses sebagai birokrat dan sangat memahami persoalan Kota Padang menjadi alasan partai politik mendorong Amasrul maju di Pilkada Kota Padang, 27 November 2024.

"Partai politik tersebut meminta saya maju di Pilkada agar saya bisa memperbaiki kondisi yang ada di Kota Padang," ungkap Amasrul kepada BentengSumbar.com, Kamis, 18 April 2024.

Menanggapi dorongan dan keinginan partai politik tersebut kepadanya, Amasrul mengaku siap berlaga di Pilkada Kota Padang.

"Saya siap dan serius untuk maju di Pilkada Kota Padang. Sebagai putra daerah, saya siap mengabdi untuk membenahi kampung halaman saya dan membawanya ke arah yang lebih baik. Menuju kota madani dan maju yang warganya memegang erat persatuan dalam membangun daerah untuk keadilan dan kesejahteraan," katanya.

Ketika ditanya, apakah akan maju sebagai calon Walikota atau Wakil Walikota Padang? Amasrul mengaku menyerahkannya kepada partai politik.

"Kita sadar dirilah. Kita kan bukan orang parpol, makanya nanti kita serahkan ke parpol, apakah akan maju sebagai Walikota atau Wakil Walikota. Intinya, kita siap dan serius untuk itu," tegasnya.

Pewarta: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »