Bakal Calon Walikota DR. H. Khairul Ikhwan, MM Siap Akomodir Pokok-pokok Pikiran KAHMI soal Pembangunan Kota Padang

Bakal Calon Walikota DR. H. Khairul Ikhwan, MM Siap Akomodir Pokok-pokok Pikiran KAHMI soal Pembangunan Kota Padang
Bakal Calon Walikota Padang Dr H Khairul Ikhwan, MM menerima baik pokok-pokok pikiran mengenai pembangunan Kota Padang ke depan oleh Korps Alumni HMI.
BENTENGSUMBAR.COM
- Bakal Calon Walikota Padang Dr H Khairul Ikhwan, MM menerima baik pokok-pokok pikiran mengenai pembangunan Kota Padang ke depan oleh Korps Alumni HMI (KAHMI) Kota Padang kepada Bakal Calon Walikota Padang, pada saat acara Halal Bihalal KAHMI Kota Padang, Kamis (9/5/2024), di Wisma HMI Cabang Padang, Jl Hang Tuah Padang.

“Sebagai salah seorang Bakal Calon Walikota Padang yang ikut saat acara Dialog Kebangsaan yang digelar KAHMI, saya sangat setuju sekali dengan pokok-pokok pikiran KAHMI tersebut,” ujar Khairul Ikhwan, Jumat (10/5/2024).

Pandangan KAHMI mengenai pembangunan Kota Padang ke depan yang terbagi secara umum dan khusus itu, menurut Khairul Ikhwan akan menjadi referensinya di dalam menyusun visi dan misi.

Menurutnya, persoalan-persoalan di dalam membangun Kota Padang itu sepertinya sudah terakomodir di dalam pokok-pokok pikiran terebut. Dimana yang umum ada 2 poin, dan yang khusus ada 8 poin.

“Sebagai bagian dari KAHMI, saya mengapresiasi adanya KAHMI memberikan semacam rekomendasi dari buah pikir KAHMI untuk para Bakal Calon Walikota Padang,” tukas Khairul Ikhwan yang merupakan Ketua Bidang PAO (Pembinaan Aparat Organisasi) HMI Cabang Padang tahun 1988-1989, Presidium HMI Cabang Padang Periode 1989-1990, Presidium KAHMI Padang pada tahun 2017, serta saat ini sebagai Ketua Dewan Penasehat MD KAHMI Padang tahun 2021.

Pokok-pokok pikiran KAHMI tersebut, lanjut Sekretaris Dewan Pakar MW KAHMI Sumbar tahun 2021 ini, selaras dengan apa yang menjadi visinya, yakni 5 Padang. Seperti yang disampaikan saat dialog dilaksanakan.

Visi 5 Padang itu, sebutnya, Pertama, Padang Maju, dimana infrastrukturnya merata untuk semua. Saat ini infrastruktur Padang itu belum tertata dengan baik, jadi perlu pembenahan.

Kedua, Padang Bersih, dimana sampah dikelola secara tepat, dan kota dirawat bersama dengan semangat gotong royong.

Ketiga, Padang Terhubung, dimana transportasi publik untuk semua. Saat ini dengan adanya Trans Padang sudah bagus, tetapi ini perlu lebih diperluas lagi sampai ke pinggiran kota.

Keempat itu, Padang Berkembang, dimana ekonomi lokal tumbuh dan peluang kerja bertambah dengan hadirnya investasi, serta memprioritaskan program-program pemberdayaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

“Terakhir, atau kelima, Padang Aman, dimana masyarakat Padang mendapatkan jaminan keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas di kehidupan sehari-hari, maupun di lingkungan tempat tinggal,” tutur Dirut Perumda Tirta Sago Payakumbuh ini.

Pokok-pokok Pikiran KAHMI

Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Padang dengan ini menyampaikan pokok-pokok pikiran kepada Bakal Calon Walikota Padang agar dapat diakomodir dalam Visi, Misi, Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan pembangunan Kota Padang tahun 2025-2029 sebagai berikut:

Secara Umum

1. Pembangunan Kota Padang harus diarahkan pada pembangunan yang adil dan berkualitas, religius, penguatan budaya, mengurangi kesenjangan, menjaga lingkungan, pembangunan berkelanjutan, menjamin pemerataan, meningkatkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing, meningkatkan ketahanan Kota Padang terhadap bencana, menihilkan kemiskinan ekstrim, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perlindungan perempuan, anak, disabilitas, lanjut usia dan kelompok rentan, pemberdayaan pemuda dan masyarakat serta menghasilkan pemerintahan yang efektif dan efisien.

2. Menjadikan Padang sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Provinsi dan Nasional secara efektif.

Secara Khusus

1. Penguatan karakter dan jati diri manusia Kota Padang berdasarkan pada ABS-ABK.

2. Pemenuhan pelayanan dasar kesehatan, pendidikan dasar 13 tahun berkualitas dan merata serta perlindungan sosial yang terintegrasi.

3. Pembangunan dan pengembangan kawasan ekonomi baru dan pariwisata serta digitalisasi dalam setiap sektor pembangunan

4. Peningkatan produktifitas, daya saing dan kemampuan tenaga kerja.

5. Pemerintah daerah yang kolaboratif dan berintegritas.

6. Menjaga stabilitas ekonomi, penegakan hukum, ketertiban dan ketentraman umum serta meningkatkan ketahanan sosial, budaya dan ekologi.

7. Mengembangkan kewirausahaan pemuda dan sosial serta peningkatan peran pemuda dalam pembangunan.

8. Mendukung peningkatan peran HMI dan KAHMI dalam pembangunan kota.

Adapun pokok-pokok pikiran ini ditanda-tangani langsung oleh Ketua Umum Majelis Daerah KAHMI Kota Padang dr Heksan, SpM, dan Sekretaris Umum Afridian Wirahadi Ahmad, SE, MSc, Akt. (rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »