Nama Surya Paloh Muncul di Sidang Korupsi SYL, Terlibat Pencurian Uang Rakyat sang Kader?

Nama Surya Paloh Muncul di Sidang Korupsi SYL, Terlibat Pencurian Uang Rakyat sang Kader?
Nama Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, muncul dalam sidang pencurian uang rakyat dengan terdakwa Syahrul Yasin Limpo.
BENTENGSUMBAR.COM
- Nama Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, muncul dalam sidang pencurian uang rakyat dengan terdakwa Syahrul Yasin Limpo. 

Mantan Menteri Pertanian (Mentan) itu diketahui merupakan kader partai dengan tagline 'perubahan' tersebut. 

Hal itu diungkap oleh saksi kasus Syahrul Yasin Limpo (SYL), Joice Triatman dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu 29 Mei 2024. 

Dia mengatakan, Syahrul Yasin Limpo mengetahui kegiatan Garda Wanita Malahayati (Garnita) NasDem didanai oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Mantan Staf Khusus Mentan era Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Bendahara Umum NasDem itu mengatakan bahwa Surya Paloh mengetahui hal tersebut, lantaran dia selalu melaporkan berbagai kegiatan Garnita NasDem kepada sang Ketua Umum. 

"Saya melaporkan biasanya dalam beberapa bulan terakhir ada kegiatan a, b, c, termasuk pembagian sembako, hingga hewan kurban, itu semua bantuan yang berasal dari Kementan lalu direspons Pak Surya Paloh dengan kalimat, baik, bagus, lanjutkan," kata Joice Triatman. 

Berbagai Kegiatan Garnita NasDem Didanai Kementan

Joice Triatman pun mengungkapkan berbagai kegiatan Garnita yang dilaporkan tersebut. 

Antara lain terkait dengan hewan kurban, pembagian sembako, serta pembagian telur, di mana pengadaannya mendapatkan bantuan dana dari Kementan. 

Seluruh kegiatan itu biasanya dirangkum terlebih dahulu barulah dilaporkan kepada Ketua Umum Partai. 

"Kami melaporkan kegiatan-kegiatan baik, tetapi karena sifatnya tidak rutin maka itu kami rangkum apa-apa saja yang sudah dilakukan dan yang akan rencana kami lakukan ke depan," tutur Joice Triatman.

Dia menjelaskan, laporan kegiatan Garnita kepada Surya Paloh dilakukannya pada saat bertemu di kantor NasDem secara langsung. 

Namun, bukan di dalam forum resmi. Meski begitu, Joice Triatman menuturkan bahwa pelaporan kegiatan dilakukan bersama dengan beberapa orang lainnya juga, yang tidak disebutkan namanya oleh Joice. 

"Meski tidak selalu, tapi saya melaporkan. Setiap kegiatan di Partai NasDem juga di-upload ke media sosial dan website," ujarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »