Pemko Padang Serahkan Dana Hibah untuk Pilkada 2024

Pemko Padang Serahkan Dana Hibah untuk Pilkada 2024
Penyaluran dana hibah ini tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani Wali Kota Padang Hendri Septa.
BENTENGSUMBAR.COM
- Pemerintah Kota Padang memberikan dana hibah tahap dua kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Padang untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Padang di tahun 2024.

Penyaluran dana hibah ini tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra dan Ketua Bawaslu Kota Padang yang diwakili Koordinator Divisi SDM Afriszal, di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Selasa (7/5/2024) malam.

Selain itu, juga dilangsungkan penandatanganan NPHD terkait pemberian dana hibah pendukung pengamanan penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2024-2029 tersebut antara Pemko Padang dengan Polresta Padang dan Kodim 0312/Padang.

Penandatangan NPHD ini juga dilakukan Wali Kota Hendri Septa bersama Wakapolresta Padang AKBP Rully Indra Wijayanto dan Pasiren Kodim 0312/Padang Mayor Irsyad.

Hendri Septa mengatakan, total dana hibah yang disalurkan Pemko untuk keperluan Pilkada 2024 kepada KPU Kota Padang sebanyak Rp 46 miliar dan bagi Bawaslu Kota Padang sebanyak Rp 10,7 miliar.

"Penyaluran dana hibah ini bersumber dari APBD Kota Padang yang pencairannya dibagi dalam 2 tahap, yakni tahap 1 pada tahun anggaran 2023 dan tahap 2 di 2024 ini. Hari ini kita menyerahkan hibah tahap 2 kepada KPU Kota Padang sebesar Rp 27,6 miliar dan bagi Bawaslu Rp 6,4 miliar. Pada tahap 1 KPU sudah menerima Rp 18,4 miliar dan Bawaslu sebesar Rp 4,3 miliar," ungkapnya.

Wako Padang menambahkan, melalui penandatanganan NPHD ini, Pemko Padang bersama KPU dan Bawaslu Kota Padang diharapkan dapat saling berkolaborasi dalam menyukseskan tahapan-tahapan Pilkada di Kota Padang.

“Melalui pemberian dana hibah ini, semoga seluruh tugas KPU dan Bawaslu Kota Padang dalam menyelenggarakan tahapan Pilkada terlaksana dengan lancar dan sukses. Begitu pula harapan yang sama bagi jajaran Polresta Padang yang hari ini menerima dana hibah pengamanan Pilkada sebesar Rp 2,5 miliar dan Kodim 0312/Padang sebanyak Rp 350 juta,” imbuh Wali Kota didampingi para Asisten dan sejumlah pimpinan OPD terkait saat itu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang yang telah memberikan dana hibah bagi pihaknya untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Kota Padang yang dihelat  27 November 2024 nanti. 

"Kita siap upayakan Pilkada Kota Padang nanti berjalan dengan baik dan lancar. Alhamdulillah, tekad yang sama juga diutarakan Bawaslu, Polresta dan Kodim 0312/Padang di kesempatan ini," ujar Riki. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »