Putra Mahkota Saudi Beberkan Alasan Tangkapi Para Pangeran

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Putra Mahkota Saudi Beberkan Alasan Tangkapi Para Pangeran
BENTENGSUMBAR. COM - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) membeberkan alasan mengapa lembaga anti korupsi yang dipimpinnya menangkapi para pangeran. Dan alasan itu tidak ada hubungannya dengan perebutan kekuasaan.

Berbicara dalam wawancara khusus dengan New York Times (NYT) pekan ini, MbS tergelak ketika muncul isu penangkapan para pangeran agar jalannya menjadi Raja Saudi semakin mulus. Menurut MbS, isu itu "konyol" dan dia menegaskan bahwa "mayoritas anggota kerajaan" justru mendukung tindakannya tersebut.

Ada belasan pejabat dan pangeran Saudi yang ditangkapi sehari setelah MbS membentuk dan mengepalai lembaga pemberantasan korupsi Saudi pada 4 November lalu. Di antara yang ditangkap adalah nama-nama besar dan tersohor di seluruh dunia, salah satunya adalah Pangeran Alwaleed bin Talal.

Jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring upaya yang digencarkan untuk membersihkan kerajaan dari para penilap uang negara. MbS menegaskan dalam wawancara tersebut, penangkapan ini adalah murni pemberantasan korupsi. 

"Negara kami sangat menderita akibat korupsi dari 1980-an hingga sekarang. Kalkulasi para ahli memperkirakan 10 persen pengeluaran negara digelapkan oleh tindak korupsi setiap tahunnya, dari tingkat atas hingga bawah," ujar MbS.

Selama bertahun-tahun, lanjut dia, Saudi selalu melakukan upaya pemberantasan korupsi untuk mengatasi hal ini, tapi selalu gagal. Alasannya diungkapkan oleh MbS:

"Pemerintah telah melancarkan lebih dari satu 'perang terhadap korupsi' dan semuanya gagal. Kenapa? Karena semuanya dimulai dari bawah ke atas," jelas dia.

Ketika Salman diangkat sebagai Raja pada 2015 dia bersumpah akan memberantas korupsi. Ayahnya, jelas Mbs, tidak pernah terkena tuduhan korupsi selama memerintah lima dekade sebagai Gubernur Riyadh.

(Kumparan)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Putra Mahkota Saudi Beberkan Alasan Tangkapi Para Pangeran
Putra Mahkota Saudi Beberkan Alasan Tangkapi Para Pangeran
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.
https://4.bp.blogspot.com/-EC_q6dqvyiM/WhpS15PDnaI/AAAAAAAAJqM/iRQR9OPKXjYZJ1NPZ96qLz1MRa-pYTIgACLcBGAs/s640/Mohammed%2Bbin%2BSalman.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-EC_q6dqvyiM/WhpS15PDnaI/AAAAAAAAJqM/iRQR9OPKXjYZJ1NPZ96qLz1MRa-pYTIgACLcBGAs/s72-c/Mohammed%2Bbin%2BSalman.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/putra-mahkota-saudi-beberkan-alasan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/putra-mahkota-saudi-beberkan-alasan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy