PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Raja Salman Akan Bertemu Pimpinan Ormas Islam dan Bahas Insiden Crane, Ini Penjelasan Dubes Arab Saudi

Dialog para tokoh agama dengan Raja Salman, menurut Lukman, akan lebih mewujudkan perdamaian di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Karena itu, dialog menjadi diutamakan.

Raja Salman Akan Bertemu Pimpinan Ormas Islam dan Bahas Insiden Crane, Ini Penjelasan Dubes Arab Saudi
BENTENGSUMBAR.COM - Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama Mohammed al-Shuibi menyebut Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dijadwalkan bertemu dengan pimpinan ormas Islam di Indonesia. 

"Berkaitan dengan program kunjungan Raja Salman selama di Indonesia, tentu dia akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan menyampaikan pidato di DPR RI. Selanjutnya akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu dengan ormas Islam dan barangkali dengan pemimpin-pemimpin agama lainnya yang akan ditentukan nanti," kata Osama di kantor Kedubes Arab Saudi di Jakarta, Jl HR Rasuna Said Kav B-3, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Februari 2017.

Osama menegaskan nama-nama pimpinan ormas yang dijadwalkan bertemu didata oleh pihak Kementerian Luar Negeri. Nama-nama itu, menurutnya, direkomendasikan pihak pemerintah Indonesia. 

"Yang memutuskan menentukan nama-nama yang diterima oleh Raja Salman itu adalah pihak Kemlu," imbuhnya.

Insiden Crane

Tragedi robohnya crane yang menimpa jemaah haji terjadi pada tahun 2015 mengakibatkan korban pula dari Tanah Air. Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud pun membuka peluang tentang pembahasan soal santunan terhadap para korban.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama Mohammed Al-Shuibi menyebut peristiwa itu merupakan takdir Tuhan. Dia menyebut informasi tentang insiden itu telah disampaikan seluruhnya melalui Kedubes RI di Riyadh.

"Kita juga menyayangkan peristiwa ini, tapi itu adalah takdir Allah SWT," kata Osama.

Dalam insiden itu, ada 11 korban tewas asal RI dan puluhan lainnya terluka atas peristiwa ini. Setelah kejadian, Raja Salman berjanji akan memberikan santunan kepada korban.

"Berkaitan dengan informasi lengkap crane ini ada di Kedubes Indonesia di Riyadh dan nama-nama korban dari jemaah Indonesia telah disampaikan kepada pihak KBRI di sana. Dan pihak KBRI telah melakukan upaya-upayanya dalam masalah ini," imbuhnya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebelumnya mengatakan pemerintah memfasilitasi rencana pertemuan Raja Salman dengan tokoh agama. Tokoh yang akan dimediasi untuk bertemu dengan Raja Salman berasal dari berbagai agama. 

Namun hingga saat ini masih diusulkan mengenai waktu dan tempatnya. "Masih terus kita dalami (unsur mana saja yang akan dihadirkan)," kata Lukman, Senin, 27 Februari 2017.

Dialog para tokoh agama dengan Raja Salman, menurut Lukman, akan lebih mewujudkan perdamaian di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Karena itu, dialog menjadi diutamakan.

Pemerintah RI pun akan memanfaatkan momen kunjungan Raja Salman itu untuk membahas hal itu. Namun bisa saja pembicaraan ini dilakukan di tingkat menteri.

"Itu terbuka, tentu Bapak Presiden, ya, kita lihat nanti kondisinya seperti apa, karena ini waktunya sangat padat," katanya. (by/detik)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *