Bantah Anies Baswedan, Sumarsono Tegaskan Pemprov DKI Paling Transparan di Seluruh Indonesia

Bantah Anies Baswedan, Sumarsono Tegaskan Pemprov DKI Paling Transparan di Seluruh Indonesia
BENTENGSUMBAR.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menyanggah pernyataan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut DKI belum open governance (tata kelola yang terbuka). Dia mengatakan, dalam teori kepemerintahan tidak ada istilah open governance, tapi good governance (tata kelola yang baik).

Sumarsono menyampaikan, good governance memiliki 10 prinsip. Tiga di antaranya ialah akuntabilitas, transparansi, dan partispasi.

"Mungkin yang dimaksud open governance Pak Anies adalah aspek transparansi di dalam clean governance yang transparan," kata Sumarsono di Kantor Kemenko Maritim, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 27 Maret 2017.

Lebih jauh, Dirjen Otonomi Daerah (Orda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menilai Pemprov DKI merupakan pemerintah daerah paling transparan di seluruh Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan luasnya wadah informasi yang bisa diakses masyarakat.

"Setahu saya sebagai Dirjen Orda melihat perkembangan daerah di Indonesia, saya kira tidak ada daerah lain yang setransparan Jakarta," ujarnya. 

Pria yang dipercaya dua kali menjabat sebagai Plt Gubernur DKI itu mengungkapkan, luasnya akses informasi itu berdampak sangat bagus. Sehingga masyarakat bisa langsung mengawasi kinerja pemerintah daerah.

"Anda bisa akses namanya gubernur memimpin rapim saja besok, hari itu bisa akses di Berita Jakarta, di YouTube dan seterusnya. Saya kira sangat open," ungkap dia.

Selain itu, masyarakat juga bisa menyampaikan keluhan kepada pemerintah melalui berbagai media, salah satunya dengan aplikasi pengaduan Qlue. Dengan adanya jalur tersebut, Pemprov dapat mengetahui keluhan yang dihadapi oleh warga Ibu Kota dan langsung ditindaklanjuti. (by/mtn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »