Jendral Polisi Tito Karnavian Akan Diberi Gelar "Datuk Sangsako" Oleh Suku Sikumbang Kamang Mudiak

Jendral Polisi Tito Karnavian Akan Diberi Gelar "Datuk Sangsako" Oleh Suku Sikumbang Kamang Mudiak
BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Tito Karnavian akan menerima gelar kehormatan adat dari masyarakat Sumatera Barat ketika melakukan peresmian peningkatan status Polda Sumbar dari tipe B ke tipe A, Senin, 3 April 2017 mendatang.

Gelar kehormatan tersebut diberikan oleh adat dari Suku Sikumbang Kamang Mudiak, Kabupaten Agam dengan gelar "Datuk Sangsako". Gelar itu diberikan mengingat Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian memiliki jasa yang sangat besar kepada masyarakat.

"Pemberian gelar adat itu akan dilakukan oleh LKAAM Sumbar setelah selesai acara peresemian kenaikan tipe Polda Sumbar. Kapolri juga akan meresmikan secara langsung aplikasi IQR Polresta Padang dan memberikan kuliah umum di Universitas Andalas," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi, Jumat, 31 Maret 2017.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Datuak Sayuti di Padang mengatakan, Kapolri akan diberikan gelar kehormatan 'Sang Sako Adat' sebagai bentuk penghormatan masyarakat Minangkabau terhadap kinerjanya selama menjabat sebagai Kapolri.

Dikatakannya, pemberian gelar tersebut telah dikaji secara dalam melalui rapat yang dilakukan oleh Kaum Sikumbang Kamang Mudiak pada Sabtu, 26 Maret 2017. Melalui hasil musyawarah itu, mereka bersepakat dengan LKAAM Agam untuk memberikan gelar kehormatan tersebut kepada Kapolri  Jendral Pol Tito Karnavian.

"Pemberian gelar kehormatan secara resminya nanti akan langsung  diberikan oleh LKAAM Sumbar. Pemberian gelar ini nantinya akan dilakukan di 'Labuah Nan Gadang, Jamba Nan Rimbun dan Pasa Nan Rami' dalam sebuah Balairung rumah adat," ujarnya.

Ia mengatakan, lapangan Mapolda Sumbar itu nantinya akan didesain seperti Balairung Rumah Gadang Minangkabau. Ia berharap, kegiatan tersebut nantinya akan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. (ongga)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »