KPAI dan Komnas Anak Diminta Sikapi Keberadaan Anak-anak di Aksi 313

KPAI dan Komnas Anak Diminta Sikapi Keberadaan Anak-anak di Aksi 313
BENTENGSUMBAR.COM - Aksi unjuk rasa 313 tak hanya dilakukan oleh orang dewasa. Terlihat, sekelompok bocah juga mengikuti aksi tersebut.

Boch-bocah itu merupakan siswa Sekolah Dasar Duri Utara 03 Pagi. Pantauan Metrotvnews.com, ada sekitar enam siswa yang masih menggunakan seragam, duduk di tembok pembatas jalan di Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Seorang anak pun terlihat memegang satu buah bendera putih dengan tulisan arab. Mereka juga kompak memakai peci putih.

Zibran, salah satu bocah yang ditemui mengatakan, dia bersama teman-temannya datang ke Patung Kuda setelah pulang dari sekolah. Dia bersama teman-temannya mengaku naik angkutan umum ke lokasi.

"Sudah janjian, diajak temen satu kelas," kata Zibran di Bundaran Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat 31 Maret 2017.

Ketika ditanya apakah sekolah mengetahui keikutsertaanya tersebut, Zibran menjawab tidak. Tapi, dia beralasan sudah mendapatkan izin dari orang tuanya.

"Tahu, enggak apa, asal jaga kesalamatan," jelas Zibran.

Calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat menyesalkan keberadaan anak sekolah dasar di aksi 313. Semestinya unjuk rasa tak melibatkan anak di bawah umur.

"Jangan libatkan anak kecil, saya selalu menyampaikan ini urusan orang dewasa yang jangan libatin anak kecil," kata Djarot di Hotel NAM Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 31 Maret 2017.

Djarot merasa komentarnya tak terlalu berpengaruh apa-apa. Ia mendorong Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas Anak mengomentari permasalahan tersebut.

"Itu seharusnya yang kasih komentar KPAI sama Komnas HAM," ucap Djarot.

Djarot menyayangkan hal seperti itu terus menerus dibiarkan. Sebab, saat kampanye keberadaan anak kecil dilarang.

"Kampanye saja enggak boleh bawa anak kecil, apalagi demo, yang boleh dilibatin itu kalau demo memasak, itu boleh dilibatin," kelakar Djarot.

Aksi 313 yang berlangsung hari ini diduga melibatkan anak di bawah umur. Bahkan beberapa anak SD berseragam merah putih juga terlihat di antara kerumunan aksi yang menuntut penjarakan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama. (malin/metrotvnews)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »