Rapat Paripurna DPRD Kota Padang, Wawako Emzalmi Sampaikan Dua Ranperda

Rapat Paripurna DPRD Kota Padang, Wawako Emzalmi Sampaikan Dua Ranperda
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Walikota Padang, Emzalmi menyampaikan secara resmi  Rancangan Peraturan Daerah(Ranperda) tentang Rancangan Peraturan Daerah Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dan Pengelolaan Barang Milik Daerah, Senin, 20 Maret 2017, sekira pukul 10.00 WIB di DPRD Kota Padang.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Padang, Erisman bersama dua orang wakil ketua, Wahyu Iramana Putra dan Muhidi. Selain itu juga hadir Sekwan Ali Basar, Sekda Asnel, Forkopimda, pimpinan OPD dan undangan lainnya.

"Untuk 2017, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD Padang telah menetapkan 40 buah Ranperda yang akan dibahas. Dimana, 18 di antaranya merupakan prakarsa (inisiatif) DPRD. Dua buah yang kita sampaikan saat ini, merupakan bagian dari yang telah disepakati itu," ungkap Emzalmi. 

Kedua Ranperda yang diusulkan itu yakni Ranperda tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan yang merupakan tindak lanjut dari UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta Ranperda Barang Milik Daerah. 

"Kami berharap, kedua Ranperda ini dapat dibahas dengan sebaik-baiknya. Sehingga, bisa bermanfaat bagi kemajuan kota ini," ujar Emzalmi. 

Dalam paripurna tersebut juga diwarnai tiga kali interupsi oleh anggota DPRD Padang. Pertama oleh Maidestal Hari Mahesa dari fraksi PPP. Dia meminta waktu bicara, begitu ketua DPRD Padang selesai membuka rapat. Maidestal menyuarakan soal pergantian pimpinan fraksinya yang tak ditindaklanjuti sejak 2016 lalu. 

Sementara itu, Wismar Panjaitan Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa menyampaikan dinamika kota, seusai Emzalmi selesai menyampaikan nota pengantar dua Ranperda itu. Persoalan yang disampaikan terkait gejolak masyarakat yang melakukan penolakan terhadap krematorium milik perkumpulan HBT. Dengan beroperasinya krematorium HBT hari ini.

Interupsi terus berlanjut dari Aprianto dari fraksi yang sama, ia menyampaikan perlu ketegasan dari Pemko Padang pada hari ini. 

"Mereka mendapatkan izin dari Pemko Padang, kita ingin tahu izin tersebut karena beberapa waktu lalu kegiatan tersebut sudah disegel," terangnya. 

Usai penyampaian ini, DPRD Padang melanjutkan paripurna internal dengan agenda penyampaian personel tiga panitia khusus (Pansus) yang akan membahas Ranperda yang disampaikan. 

Sekretaris DPRD Padang, Ali Basyar membacakan personel ketiga Pansus itu. Dimana, Pansus I membahas tentang Perubahan Tata Tertib DPRD Padang di Ketuai oleh Masrul Rajo Intan (Fraksi PAN), Wakil Mizwar Jambak ( Fraksi Golkar Bulan Bintang), Sekretaris Yulisman(Fraksi Demokrat)

Pansus II mengupas tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan di Ketua II Muaharlion( Fraksi PKS)
Wakil Dewi Susanti (Fraksi Gerindra) dan Sekretaris Azirwan (Fraksi Nasdem) dan Pansus III mengenai Ranperda tentang Barang Milik Daerah, Ketua Jumadi (F Golkar Bulan Bintang), Wakil Faisal Nasir( Fraksi PAN) dan Sekretaris Elly Thrisyanti( Fraksi Gerindra). (By)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »