Pariwisata

Ekonomi

POLITIK

HUKUM

Most Popular

Didukung Advokat Pancasila, Kapolri Mengaku Terkejut

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerima rombongan Advokat Pancasila di Mabes Polri Senin, 5 Juni 2017.

Didukung Advokat Pancasila, Kapolri Mengaku Terkejut
BENTENGSUMBAR.COM - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerima rombongan Advokat Pancasila di Mabes Polri Senin, 5 Juni 2017. Tito mengaku dukungan semacam ini bermakna buat Polri.

"Ini satu suprise (kejutan) dan penghargaan bagi kami karena membesarkan hati kepolisian. Kadang kami juga dilematis menangani perkara dugaan intoleransi, kasus yang rawan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa," kata Tito.

Ada yang bilang, masih kata Tito, polisi melakukan kriminalisasi namun ada juga yang pro dan mendukung agar penegakan hukum berjalan tegas. Tapi juga ada yang menganggap polisi tidak tegas.

"Saya ingin menegaskan Polri dalam bertindak selalu membutuhkan dua hal, legitimasi hukum yakni harus ada aturan yang mengatur tindakan polisi, yang kedua dukungan sosial atau legitimasi sosial," tambahnya.

Dukungan advokat ini merupakan bentuk dukungan sosial. Sehingga pihak kepolisian lebih berani, lebih fokus, dan lebih tegas untuk menyelesaikan kasus yang ada.

Salah satu advokat, Teguh Samudera, menambahkan mereka prihatin dengan keadaan negeri yang sekarang berkembang dengan banyak masalah SARA.

"Kalau dibiarkan, tidak ditindak tegas, akan menganggu kesatuan dan persatuan bangsa sehingga Pancasila akan terobek dan ternodai," sambungnya

Kedatangan mereka adalah bentuk dukungan untuk kerja kepolisian agar polisi tidak takut dalam penegakan hukum dan jangan takut dicap kriminalisasi karena polisi bekerja sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Tanpa penegakan hukum yang jelas, Indonesia akan kocar-kacir.

Dalam pertemuan itu, para pengacara tersebut juga sempat membacakan deklarasi Advokat Pancasila. Isinya ada enam poin dan salah satunya adalah mereka siap bekerja sama dan mendukung pemerintah yang sah.

(by/bsc)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *