Anda Stres di Tempat Kerja? Cobalah Hasil Penelitian Ini

Anda Stres di Tempat Kerja? Cobalah Hasil Penelitian Ini
BENTENGSUMBAR.COM - Memiliki rutinitas berangkat kerja dengan bersepeda setiap hari bisa membantu Anda memulai hari dengan lebih sedikit mengalami stres.

Dan manfaat ini mungkin akan terasa hingga malam hari.

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Workplace Health Management, melakukan sebuah penelitian terhadap orang yang berangkat kerja dengan menggunakan sepeda-sepeda.

Peneliti ingin melihat apakah mereka bisa menemukan bukti empiris bahwa bersepeda di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

"Kami mendiskusikan perasaan yang kami dapatkan setiap kali kami mengendarai sepeda kami untuk bekerja," kata profesor motivasi dan kinerja karyawan di Concordia University di Kanada, Stephane Brutus, seperti dilansir laman Health, Kamis, 20 Juli 2017.

"Yang kami rasakan adalah kami seperti selangkah di depan rekan kerja kami yang berangkat kerja dengan menggunakan mobil atau kendaraan umum," imbuh Brutus.

Para peneliti mensurvei sebanyak 123 karyawan di sebuah perusahaan teknologi informasi di Montreal, yang dianggap sebagai salah satu kota yang paling ramah sepeda di dunia.

Semua orang mengisi kuesioner sesaat setelah hari kerja dimulai dan menilai mood mereka di awal hari, stres, vitalitas subjektif mereka, ukuran tingkat kesehatan, kesehatan fisik dan energi. Mereka juga menunjukkan jenis transportasi yang mereka gunakan hari itu.

Secara keseluruhan, ada 54 orang berangkat kerja menggunakan mobil, 42 orang naik kendaraan umum dan 25 orang mengendarai sepeda. Dua orang mengendarai sepeda motor, namun tidak dihitung karena sampelnya kecil.

Para peneliti melihat vitalitas, karena mereka berasumsi bahwa orang yang sehat dan aktif akan cenderung bersepeda dan juga melaporkan suasana hati yang lebih baik dan kurang stres.

Bahkan dengan penyesuaian ini, peneliti menemukan perbedaan tingkat stres yang signifikan antara ketiga kelompok komuter.

Pada skala lima poin, dengan lima adalah yang paling stres, rata-rata untuk masing-masing kelompok adalah 2,54 untuk pengguna mobil, 2,25, untuk pengguna transportasi umum dan 2,18 bagi mereka yang menggunakan sepeda.

Temuan ini penting karena penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang di pagi hari bisa menjadi prediktor kuat tentang bagaimana sisa hari mereka berjalan.

Penelitian lain mendukung manfaat tambahan dari perjalanan yang sehat. Sebuah studi besar baru-baru ini menemukan orang-orang yang berangkat kerja dengan berjalan atau bersepeda, cenderung tidak meninggal selama masa studi lima tahun daripada mereka yang melakukan transit umum.

(by/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »