PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Pertemuan Da'i dan Ulama Internasional di Padang, MUI Kecewa tak Dilibatkan

Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Hubungan Internasional Muhyiddin Junaidi.

Pertemuan Da'i dan Ulama Internasional di Padang, MUI Kecewa tak Dilibatkan
BENTENGSUMBAR.COM - Event Internasional kembali dihelat di Ranah Bingkuang. Event tersebut adalah Pertemuan Da'i dan Ulama Internasional yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Padang bekerjasama dengan Yayasan Al Manarah, Arab Saudi. Ironisnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengaku kecewa, karena tak dilibatkan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) kecewa lantaran tidak dilibatkan dalam pertemuan yang mengusung tema persatuan umat tersebut. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Hubungan Luar Negeri, KH Muhyiddin Junaidi, mengatakan bahwa MUI Pusat tidak mengetahui sama sekali tentang rencana event Internasional tersebut.

"Event itu diadakan tanpa melibatkan MUI, baik provinsi atau pusat. Secara etika seharusnya ada komunikasi terlebih dahulu dengan tuan rumah. Kemungkinan Kemenag yang sudah diajak rembuk," ujar Muhyiddin sebagaimana dikutip dari Republika.co.id, Selasa, 12 Juli 2017.

Menurut dia, idealnya secara etika seharusnya penyelenggara berkonsultasi dulu MUI Pusat jika ingin mengadakan event internasional seperti itu. Bahkan, kata dia, MUI Provinsi Sumatera juga tidak diajak bermusyawarah.

"Namun, apapun event Internasional kalau tujuannya untuk menyatukan umat Islam, kita mendukung sepenuhnya. Tapi pada kenyataan gubenur Sumaatera Barat adalah salah satu gubernur yang tidak menganggarkan dalam APBD mereka anggaran untuk kegiatan MUI," ucapnya.

Ia menduga, tidak dilibatkannya MUI dalam agenda tersebut karena ada keteririsan dengan partai politik seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Apalagi, kata dia, Gubernur Sumatera Barat saat ini merupakan kader PKS, sehingga hanya orang yang dekat dengan PKS saja yang dilibatkan.

"Sekarang mereka mengadakan konferensi ulama Internasional, siapa ulama'-nya? Dan apa saja yang dibahas di sana tanpa melibatkan MUI sedikit pun, ini kan naif," kata Muhyiddin.

Menurut Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Padang, Zayadi Abidin, event Pertemuan Da'i dan Ulama Internasional di Kota Padang tersebut akan dibuka oleh Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla pada tanggal 17 Juli 2017. Ia mengharapkan, pelaksanaan pembukaan dapat berjalan sukses, sebagaimana direncanakan.

"Insya Allah akan dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla pada tanggal 17 Juli 2017," ujarnya ketika ditemui di ruangan kerjanya, Selasa, 11 Juli 2017 sore.

(by)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *