PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Penipuan Berkedok Ibadah Umrah, Polisi Cokok Bos First Travel

Pasangan suami istri Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan yang merupakan pemilik penyelenggara ibadah umrah, First Travel.

Penipuan Berkedok Ibadah Umrah, Polisi Cokok Bos First Travel
BENTENGSUMBAR.COM - Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menangkap pasangan suami istri Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan yang merupakan pemilik penyelenggara ibadah umrah, First Travel.

Kedua tersangka adalah warga Sentul. Keduanya dicokok, Rabu, 9 Agustus 2017, usai mengggelar konferensi pers di Kompleks Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

"Penyidik Dittipidum (Tindak Pidana Umum) Bareskrim Polri, telah melakukan penangkapan terhadap saudara Andika Surachman dan saudari Anniesa Desvitasari Hasibuan," kata Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul lewat keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 10 Agustus 2017.

Suami istri ini, kata Martinus, ditangkap atas dugaan penipuan dan pemberian janji dengan menawarkan biaya umrah. Hal itu merujuk laporan korban dan agen yang telah dimintai keterangan penyidik.  

"Saksi-saksi yang telah diperiksa 11 orang. Terdiri atas agen dan jemaah," ujarnya. 

Direktur Tindak Pidana Umum (Tipidum) Bareskrim Brigjen Herry Rudolf Nahak mengatakan, modus keduanya yaitu dengan berjanji akan memberangkatkan jamaah umroh melalui agen. 

"Jadi mereka merekrut agen, dengan biaya tertentu. Nanti masing-masing agen itu bertugas mencari dan merekrut calon jemaah umroh dengan biaya tertentu. Setelah masuk uang ternyata enggak bisa diberangkatkan," papar Herry.

Pihak First Travel memberikan berbagai macam alasan penundaan keberangkatan, mulai dari urusan dokumen hingga penerbitan visa.

Kepolisian saat ini masih menghitung total kerugian para jamaah yang tak diberangkatkan First Travel. Herry menduga ada ribuan jamaah yang gagal diberangkatkan.

Keduanya yang diketahui petinggi perusahaan PT First Anugerah Wisata atau First Travel dijerat dengan  Pasal 55 Juncto Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transasksi Elektronik.
Penipuan Berkedok Ibadah Umrah, Polisi Cokok Bos First Travel
Pasangan suami istri Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. 

(by/vv/kt)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *