PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

PKS Yakini Kenaikan Dana Parpol Mampu Berantas Korupsi, Ini Alasannya

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyetujui usulan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk menaikkan dana partai politik. Kenaikannya hampir 10 kali lipat dari angka semula. Langkah pemerintah ini disambut baik oleh elit parpol di negeri ini.

hover_share
Dana untuk parpol naik dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1000 per suara disambut baik seluruh partai peserta pemilu.

Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, menyebut langkah itu positif. Namun, PKS masih enggan membahas lebih jauh sebelum pemerintah segera mengeluarkan UU resmi penambahan dana parpol khususnya yang terkair transparansi.

"Kita tunggu saja bagaimana realisasi akhir dari keputusan ini. Dan saya setuju kalaupun itu nanti jadi keputusan pemerintah maka harus ada mekanisme transparansi dari parpol" jelasnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/8).

Lebih lanjut , Wakil Ketua MPR RI ini menyebut transparansi sangat diperlukan untuk memonitor penggunaan dana parpol yang meningkat signifikan.

"Agar anggaran itu berdampak pada pengeluaran parpol yang lebih berkualitas dan lebih bermanfaat pada rakyat, misalnya menyiapkan pendidikan politik" ucapnya.

Kata dia lagi, yang terpenting bagi partai politik adalah dana tersebut bisa membatasi korupsi yang semakin sering terjadi.

"Penting betul anggaran itu untuk perbaikan kualitas demokrasi dan memberantas korupsi di Indonesia," tegasnya. 

(by/rmol)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *