PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Posyandu Cahaya Mata Ibu II Wakili Kota Padang Pada Penilaian Tingkat Sumbar

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno memimpin langsung tim penilai mengunjungi posyandu tersebut.

Posyandu Cahaya Mata Ibu II Wakili Kota Padang Pada Penilaian Tingkat Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Dari 898 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada di Kota Padang, Cahaya Mata Ibu II terpilih sebagai yang terbaik. Posyandu di Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo ini didaulat mewakili Kota Padang pada penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis, 3 Agustus 2017.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno memimpin langsung tim penilai mengunjungi posyandu tersebut. Ia menyampaikan, pelayanan posyandu semakin dibutuhkan masyarakat. Tidak saja untuk penimbangan balita dan imunisasi, tetapi saat ini posyandu sudah terintegrasi dengan PAUD dan juga untuk lansia.

"Posyandu Cahaya Mata Ibu II ini adalah salah satu posyandu terintegrasi yang memang keberadaannya di lingkungan yang tepat," sebut istri Gubernur Sumbar itu.

Nevi menambahkan, peran kader posyandu sangat besar dalam mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk kesehatan. Sekaligus posyandu memberikan sumbangan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

"Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sebagai bagian dari peran kader posyandu," imbuhnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Padang melalui dinas terkait, camat dan lurah tidak kurang dalam memberikan dukungan terhadap posyandu dan kader-kadernya. 

Walikota Padang diwakili Asisten III Setdako Didi Aryadi mengatakan, sebanyak 3.526 kader posyandu yang ada di Kota Padang selalu diberikan pembinaan. Posyandu juga diberikan bantuan makanan tambahan, pelatihan dan peningkatan wawasan serta pemberian bantuan transportasi.

"Dalam jangka pendek secara fisik memang tidak terlihat, namun ada parameter yang dijadikan tolak ukur atas peningkatan layanan posyandu dari pembinaan yang diberikan," kata Didi.

Didi menjelaskan, meningkatnya jumlah sasaran baik bayi O tahun, balita, ibu hamil dan ibu nifas adalah indikator keberhasilan dari posyandu.

"Kita harapkan posyandu-posyandu yang ada terus meningkatkan perannya dan berinobasi untuk pelayanan," tukuknya.

Keberhasilan posyandu Cahaya Mata Ibu II menjadi yang terbaik di Kota Padang tidak lepas dari peran camat. Perhatian untuk menguatkan posyandu ini oleh camat Nanggalo dan Lurah Kurao Pagang dilakukan bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan.

Camat Nanggalo Teddy Antonius menjelaskan, Posyandu Cahaya Mata Ibu II yang berdiri sejak 2013. Kondisi sebelumnya masih kurang representatif. Setelah dilakukan perbaikan bersama warga, posyandu terintegrasi dengan PAUD ini akhirnya memiliki tempat representatif.

"Posyandu Cahaya Mata Ibu II terus dibenahi agar menjadi lebih baik. Dan diharapkan menjadi yang terbaikndi tingkat provinsi," tukas Teddy. 

(Charli/Taf)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *