PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Rusdi Lubis: Padang Butuh Pemimpin yang Memiliki Inovasi Agar Ekonomi Kembali Bergairah

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Barat, Rusdi Lubis.

Rusdi Lubis: Padang Butuh Pemimpin yang Memiliki Inovasi Agar Ekonomi Kembali Bergairah
BENTENGSUMBAR.COM - Menurut mantan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Barat, Rusdi Lubis, persoalan ekonomi kini menjadi aspek yang paling krusial untuk dibenahi oleh Kepala Daerah yang akan memimpin Kota Padang ke depan. Apalagi ekonomi warga Kota Padang tak kunjung bangkit paska Gempa 2019 yang lalu. 

“Dibutuhkan kepala daerah yang memiliki inovasi agar keterpurukan ekonomi yang kini dialami oleh warga, kembali bergairah. Membangun peradaban melalui agama memang penting, namun membangun ekonomi rakyat jangan sampai diabaikan,”tutur Rusdi Lubis.

Mantan birokrat kelahiran Ujung Gading, 13 Juli 1945 ini, menyatakan, bahwa Kota Padang merupakan ibukota provinsi Sumatera Barat dengan wilayah terluas. Dan hampir 1 juta penduduk kini menghuni Kota Padang, sebagian besar bertempat tinggal di kawasan pinggiran.

“Artinya Kota Padang tidak hanya Muara Lasak saja, atau Pasar Raya saja, tapi Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Kuranji adalah wilayah pemukiman yang terbanyak jumlah penduduknya. Namun pembangunan belum mengarah ke wilayah tersebut,” tegas Rusdi Lubis.

Rusdi menyatakan, bahwa Kota Padang saat ini membutuhkan pemimpin yang mengenali wilayahnya sendiri, agar pembangunan itu tidak tertumpu pada satu wilayah saja. Kota Padang butuh pemimpin yang memiliki kemampuan untuk berdialog dengan warganya, agar pembangunan itu dilaksanakan tanpa kendala.

“Kini, ada sosok Emzalmi. Tokoh yang selama ini terkenal dekat dengan warga, berpengalaman di birokrasi selama 40 tahun. Pernah menjabat kepala PU, Kepala Bapeda, dan Sekretaris daerah Kota Padang. Sosok yang dinilai mampu membawa Kota Padang ke arah yang lebih baik,” tutur Rusdi Lubis.

Emzalmi dikenal ramah dengan siapa saja, pejabat yang bersih, tanpa terlibat pada kasus-kasus yang menimbulkan kerugian terhadap negara. Sosok yang penuh kehati-hatian, namun berani mengambil keputusan yang strategis.”Karena pengalaman membuat Emzalmi berani melakukan terobosan.” Kata putera terbaik Pasaman Barat ini.

Untuk menjawab kebutuhan warga Kota Padang saat ini, Emzalmi adalah sosok yang paling tepat. Apalagi bersedianya Desri Ayunda untuk mendapingi Emzalmi pada Pilkada 2018 yang akan datang, maka akan terjadi perpaduan yang sangat ideal. Perpaduan antara birokrasi dengan seseorang yang profesional.

“Emzalmi berpotensi besar untuk melakukan Reformasi Birokrasi, sementara sosok Desri Ayunda yang selama ini terkenal sebagai ekonom yang mampu membawa Semen Padang menjadi perusahaan Semen terbaik di Indonesia, juga berpeluang besar untuk kembali menggairahkan ekonomi rakyat yang sedang terpuruk,” ujar Rusdi Lubis.

Rusdi Lubis menambahkan, Kota Padang membutuhkan pemimpin untuk semua lapisan warga, bukan pemimpin yang hanya mengarahkan kebijakannya hanya untuk kelompoknya saja.”Seperti yang selama ini kita rasakan, hanya kelompok-kelompok tertentu yang mendapatkan imbas positif dari kepala daerahnya.

“Apalagi dalam penempatan struktur birokrasi. Kapasitas dan kredibilitas tidak boleh diabaikan, agar terciptanya pelayanan yang baik di birokrasi. Pelayanan yang baik akan mampu menumbuh kembangkan perekonomian rakyat, karena rakyat sudah mendapatkan kemudahan dalam membangun usahanya,” kata Rusdi.

Rusdi Lubis berharap, hendaknya perpaduan antara Emzalmi dan Desri Ayunda harus mendapat tempat di hati warga Kota Padang, agar perubahan itu benar-benar dapat dirasakan oleh setiap warga.

(by/fuad)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *