PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Wawako: Lelaki Minangkabau Mesti Pandai Basilek

Wakil Walikota Padang H. Emzalmi Zaini memberikan kata sambutan.

Wawako: Lelaki Minangkabau Mesti Pandai Basilek
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Walikota Padang H. Emzalmi Zaini menghadiri acara Pergelaran Kesenian Minangkabau dan Atraksi Pencak Silat yang dilaksanakan oleh Perguruan Silat Harimau Gunung, Rabu, 16 Agustus 2017, bertempat di Gunung Pangilun.

"Silat merupakan warisan para leluhur kita. Terutama di Minangkabau, silat atau silek tak bisa dilepaskan dengan kehidupan orang Minangkabau. Lelaki Minangkabau mesti pandai basilek," ujar wawako.

Wawako mengatakan, ketika seorang anak laki-laki di Minangkabau beranjak dewasa, maka dia akan tidur di surau. Di surau tersebut, disamping dia belajar agama, dia juga belajar silek.

"Dulu, pelajaran agama dan silek diberikan di surau-surau. Setelah mengaji di surau, maka remaja di Minangkabau akan diajarkan silek untuk bekal merantau," tukuknya.

Menurut wawako, karena remaja Minangkabau dulu diajarkan mengaji dan basilek, makanya mereka terjauh dari perbuatan negetif, seperti mengkonsumsi minuman keras atau sejenisnya.

"Mengaji dan basilek ini efektif untuk mencegah perilaku menyimpang, seperti minuman keras, narkoba dan lainnya. Untuk itu, kami dari pemerintah kota sangat mengapresiasi kegiatan ini," terang wawako.

Hadir pada kesempatan itu, tuo-tuo silek dan ninik mamak di daerah tersebut. Wawako juga berpesan kepada ninik mamak agar menjaga anak kemenakan dari bahaya narkoba yang setiap saat bisa mengancam.

(by)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *