Perkara Suap Auditor BPK, Jaksa Bakal Hadirkan Menteri Eko Putro Sandjojo

Perkara Suap Auditor BPK, Jaksa Bakal Hadirkan Menteri Eko Putro Sandjojo
BENTENGSUMBAR.COM - Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menghadirkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di persidangan perkara suap auditor Badan Pemeriksa Keuangan terkait predikat keuangan Kemendes.

Kehadiran Eko untuk menelisik kinerja anak buahnya yakni terdakwa Irjen Kemendes Sugito dan Kepala Bagian TU dan Keuangan Irjen Kemendes Jarot Budi Prabowo terkait suap predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) di Kemendes.

Eko bakal menjadi saksi untuk dua terdakwa dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 20 September 2017.

Jaksa KPK Takdir Suhan mengaku telah mempersiapkan sejumlah pertanyaan untuk Eko terkait kasus suap yang menjerat dua anak buahnya tersebut. Termasuk pertemuan antara Eko, Sekjen Kemendes Anwar Sanusi dengan auditor BPK Rochmadi Saptogiri.

Pertemuan pada 4 Mei 2017 itu terungkap di persidangan, bahkan pertemuan diketahui beberapa hari sebelum penyerahan uang suap sebesar Rp 240 juta oleh Sugito melalui Jarot kepada auditor BPK lainnya Ali Sadli.

Menurut Takdir, selain menghadirkan Eko, pihaknya juga mendatangkan salah satu auditor BPK. Hal ini untuk menggali kembali sejumlah temuan dalam laporan keuangan Kemendes tahun 2015 yang terungkap di persidangan.

"Dari BPK anggotanya Andi Bonanganom (yang hadir) minggu lalu," ujar Takdir saat dihubungi wartawan, Selasa, 19 September 2017.

Dihubungi terpisah, Eko mengaku akan memenuhi panggilan jaksa KPK sebagai saksi di persidangan. Menurut Eko, dirinya siap meladeni sejumlah pertanyaan jaksa sejauh yang diketahuinya.

"Saya jawab saja apa yang ditanya nanti sesuai dengan apa yang saya ketahui, kalau opini sudah diumumkan ke publik oleh BPK berbulan-bulan yang lalu dan Kemendes dapat WTP. Tidak (tahu soal suap), semua orang tahu saya keras sekali dengan masalah integritas," tegas Eko dihubungi wartawan.

(by/rmol)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »