PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

14 KK di Dharmasraya Tak Tersentuh Program Pemberdayaan KAT

Estie Pratiwi ketika meninjau pelaksanaan program pemberdayaan KAT di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

BENTENGSUMBAR. COM - Program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) belum menyentuh 14 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Padahal, program pemberdayaan KAT tersebut, menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam berbagai kesempatan, adalah salah satu pelaksanaan dari butir ketiga nawa cita.

14 KK di Kabupaten Dharmasraya tersebut terdapat di Nagari Bulangan Kecamatan Koto Besar dan Nagari Banai Kecamatan IX Koto.

Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Estie Pratiwi mengakui, program pemberdayaan KAT belum menyentuh 14 KK di Dharmasraya tersebut. Alasanya, untuk pelaksanaan program tersebut minimal harus 50 KK yang harus diberdayakan.

"Di Dharmasraya itu hanya 14 KK, minimal harus 50 KK. Lagian, untuk pelaksanaan program pemberdayaan KAT itu, harus ada tanah yang diserahkan untuk dibangunkan rumah mereka," ujar Estie ketika dikonfirmasi BentengSumbar.com, Rabu, 18 Oktober 2017.

Saat ini, kata Estie, berdasarkan hasil pemutakhiran data KAT tahun 2014, ada sekitar 3.232 KK. Dan yang baru tersentuh program pemberdayaan baru 1.619 KK. Sedangkan sisanya 1.613 KK di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan 14 KK di Kabupaten Dharmasraya belum tersentuh program pemberdayaan. 

"Untuk tahun ini, kita bangunkan 97 rumah untuk KAT di Mentawai, rinciannya 47 rumah di Dusun Mangarut, 50 rumah di Dusun Masapaket. Keduanya di Desa Madobak Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai," ungkapnya.

Selain rumah, kata Estie, KAT juga dibangunkan 2 unit Balai Sosial yang dipakai untuk pertemuan, acara-acara adat, ritual keagamaan dan prosesi pernikahan. 

"Kita juga memberikan bimbingan motivasi sosial  dan bimbingan motivasi keterampilan berusaha. Selain itu, mereka juga diberikan pendampingan, masing-masing pendamping lokal dan profesional dari Kementerian Sosial," ungkapnya.

Pada tahun 2018, tukuk Estie, akan dibangunkan 93 rumah untuk KAT di Dusun Sirua Monga dan Desa Saibi Samokop, Kabupaten Mentawai.  

(by)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *