"Ayo Dukung Presiden yang Bener-benar Kerja Memenuhi Infrasturktur"

"Ayo Dukung Presiden yang Bener-benar Kerja Memenuhi Infrasturktur"
BENTENGSUMBAR.COM - Aktivis dari Rumah Gerakan 98, Sulaiman Haikal mengajak publik mendukung presiden yang konsen terhadap pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut disampaikan Sulaiman dalam diskusi di Warung Komando, di Jalan Dr Saharjo Nomor 1, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat, 6 Oktober 2017, yang mengangkat tema "Evaluasi 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK".

Pemimpin yang layak didukung pada Pilpres 2019 mendatang menurut dia adalah Joko Widodo. Jokowi dianggap sebagai sosok yang konsen terhadap pembangunan infrastruktur.

"Saya harapkan masyarakat Indonesia, ayo dukung presiden yang bener-benar kerja memenuhi infrasturktur. Karena apa, ini agak mimpi kita punya pemimpin yang konsen terhadap infrastruktur," kata Sulaiman.

Membangun infrastruktur menurut dia merupakan kebutuhan riil masyarakat Indonesia. Selama ini, lanjut dia, Indonesia mengalami ketertinggalan.

Namun, Jokowi menurut dia dengan kondisi keuangan negara yang terbatas tetap berupaya untuk menggenjot pembangunan infrastruktur.

Ia tak yakin jika pemimpin lain akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Jokowi saat ini.

"Bayangkan, pemimpin lain belum tentu akan konsen dengan infrastruktur, bisa jadi dia lebih berkompromi kepada kekuatan-kekuatan politik, misalkan dengan membiayai ormas, atau bagi-bagi kepada parpol, dan sebagainya," ujar Sulaiman.

"Atau dia (pemimpin lain) memberi sogokan ke rakyat melalui subsidi yang memanjakan. Tujuannya untuk melanggengkan kekuasaan. Supaya masyarakat kelas menengah tidak bergejolak," tambah dia.

Dia mengatakan, anggaran infrastruktur terus naik. Tahun 2014 yakni Rp 204 triliun. Kemudian di 2016 menjadi Rp 315 triliun. Tahun ini diproyeksikan menjadi Rp 387 triliun.

Dampak pembangunan infrastruktur yang terkait konektivitas misalnya, membuat mobilitas warga meningkat signifikan.

"Pada 2014 penyeberangan hanya 60,2 juta jiwa, 2016 menjadi 66,2 juta jiwa. Lalu angkutan kereta api di 2014, 277 juta jiwa, 2016 (menjadi) 352 juta jiwa. Angkutan udara 164 juta jiwa 2014, menjadi 189 juta jiwa di 2016," ujar dia.

Sulaiman menyebut sederet prestasi Jokowi dalam pembangunan infrastruktur lainnya misalnya memperbaiki sarana dan prasarana di perbatasan Indonesia dan negara lain.

Ia juga memaparkan sejumlah kemajuan yang dicapai mantan Gubernur DKI Jakarta itu, misalnya menyamaratakan harga BBM di Papua, pemerataan proyek, angka kemiskinan dan pengangguran yang diklaim turun, pemenuhan atas pangan, pemenuhan perumahan, dan lainnya.

(yahya/kompas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »