Duka Mendalam, GP Ansor Kecam Aksi Teror Bom di Mesir

Duka Mendalam, GP Ansor Kecam Aksi Teror Bom di Mesir
BENTENGSUMBAR. COM - Gerakan Pemuda (GP) Ansor sampaikan duka yang mendalam kepada seluruh keluarga korban bom di Sinai, Mesir. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Minggu, 26 November 2017.

Para korban banyak berjatuhan karena teror terjadi saat mereka hendak melangsungkan salat di Masjid Ar Roudhoh Kota Arish Provinsi Sinai, Mesir.

"Bukan hanya itu, bahkan mobil-mobil ambulans yang membawa jenazah maupun korban luka pun ditembaki. Lebih dari 200 nyawa menjadi korban kebiadaban bom Sinai tersebut," ungkap Yaqul Cholil pada keterangan tertulis yang diterima redaksi Okezone, Minggu, 26 November 2017.

Dengan begitu, GP Ansor mengutuk keras tragedi bom di Masjid Ar Roudhoh Mesir yang menurut dia mengoyak rasa kemanusiaan.

"Kami juga ingin meyakinkan kepada semua bahwa teror ini bukan hanya ditujukan kepada rakyat Mesir, melainkan juga kepada umat Islam dan manusia keseluruhannya. Teror itu sama sekali tidak mewakili perilaku pemeluk agama dan bangsa apa pun, bahkan tidak mewakili perbuatan manusia manapun," ucapnya.

Dia menjelaskan, dalam Islam sesungguhnya sangat menghormati jiwa manusia. “Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” jelasnya mengartikan QS. Al Maidah ayat 32.

Menurutnya, berbagai macam tragedi yang melanda dunia saat ini, terutama di timur tengah, semakin terlihat meluas dan tidak juga menunjukkan tanda-tanda akan selesai. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan menjadi konflik sosial yang merajalela di mana-mana yang kemudian menghadirkan radikalisme, ekstrimisme dan terorisme sebagai ancaman seluruh dunia.

Dengan begitu, GP Ansor menegaskan pentingnya masyarakat dalam berusaha meneguhkan nilai-nilai Islam untuk kemanusiaan. Pasalnya, Islam telah menegaskan bahwa Tuhan dan para malaikat tidak akan menyayangi seseorang, sehingga orang tersebut menyayangi seluruh makhluk Tuhan.

“Yang di langit tidak akan merahmati seseorang, jika seseorang tersebut tidak berkasih sayang dengan semua makhluk Tuhan di bumi,” jelasnya.

Dia menambahkan, Islam tidak hanya diperintahkan untuk menyayangi kaum Muslimin, tetapi seluruh manusia, apa pun agama mereka. Karena orang Islam juga diwajibkan untuk berbuat baik kepada binatang dan alam.

"Atas tragedi ini pula, kami Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor menginstruksikan kepada seluruh anggota GP Ansor dan Banser di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Salat Ghoib dan Tahlil bagi arwah seluruh korban," tandasnya.

(Sumber: Okezone.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »