PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Qatar dan AS Gelar Dialog Anti-Terorisme di Washington

Forum bertujuan untuk menguatkan kerjasama bilateral dalam bidang tersebut. (aljazeera.net)

Qatar dan AS Gelar Dialog Anti-Terorisme di Washington
BENTENGSUMBAR. COM - Sebuah Forum Dialog antara Qatar dan Amerika Serikat (AS) untuk memerangi terorisme dilaksanakan di ibu kota AS, Washington. Dilansir dari Aljazeera.net, Kamis, 9 November 2017, Forum Dialog ini bertujuan untuk menguatkan kerjasama bilateral dalam masalah tersebut.

Disebutkan, Delegasi Qatar dipimpin oleh Ketua Komite Anti-terorisme, Jendral Abdulaziz Abdullah al-Anshari. Sedangkan Delegasi AS diwakili oleh Koordinator Anti-terorisme Departemen Luar Negeri, Nathan Sills.

Selama pertemuan, kedua belah pihak membicarakan perkembangan MoU kedua negara dalam memerangi pendanaan teroris. Selain itu, keduanya juga membahas tentang pengembangan mekanisme aksi bersama dan pertukaran informasi.

Jurnalis Aljazeera, Mourad Hashim melaporkan, pertemuan berlangsung di Markas Kemenlu secara tertutup. Ia berharap, keterangan resmi akan dirilis sesaat setelah pertemuan berakhir.

Hashim menambahkan, konteks dalam forum ini sangat penting. Hal ini berkaitan dengan kesaksian berturut-turut dari para pejabat AS yang membantah tudingan demi tudingan negara-negara pemboikot Qatar.

Sebelumnya, pada 11 Juli lalu, AS dan Qatar telah menandatangani ‘MoU Kerjasama dalam Memerangi Pendanaan Terorisme’. MoU ini mencakup juga kerjasama dua negara dalam asas pemberantasan terorisme seperti keamanan, informasi intelijen dan pendanaan.

Seperti diwartakan, Laporan Tahunan Kemenlu AS yang dirilis Juli 2017 lalu, sangat memuji peran Qatar dalam berupaya memberantas terorisme. Dalam laporan ditegaskan, Doha berusaha dengan makasimal dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk mewujudkan kerjasama tersebut dengan semua mitranya.

(ibnu/dakwatuna)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *