PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Rezim-rezim Arab Habiskan Ratusan Miliar Dolar untuk Hancurkan Suriah, Libya dan Yaman

Perdana Menteri Aljazair Ahmed Ouyahia.

Rezim-rezim Arab Habiskan Ratusan Miliar Dolar untuk Hancurkan Suriah, Libya dan Yaman
BENTENGSUMBAR. COM - Perdana Menteri Aljazair Ahmed Ouyahia menyatakan sejumlah negara Arab regional telah menghabiskan 130 miliar dolar untuk melenyapkan Suriah, Libya dan Yaman.

Ouyahia mengemukakan hal itu pada Sabtu, 11 November 2017 di saat sebagian besar wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara menghadapi instabilitas dan krisis, mulai dari terorisme dan instabilitas hingga ketidakpastian politik dan campur tangan asing.

Aljazair berpendapat bahwa negara-negara regional harus menyelesaikan perbedaan mereka melalui dialog dan bahwa campur tangan asing merugikan mereka.

Suriah telah menghadapi krisis terorisme yang disponsori pihak asing sejak 2011. Takfirisme, status bagi banyak kelompok teroris yang beroperasi di Suriah, yang sangat dipengaruhi pemikiran Wahhabisme, ideologi radikal yang mendominasi Arab Saudi.

Libya juga berjuang melawan kekerasan dan ketidakpastian politik sejak mantan penguasa Muammar Gaddafi digulingkan pada tahun 2011 dan kemudian dibunuh setelah intervensi militer NATO pimpinan AS. Daesh memanfaatkan kondisi kekacauan di Libya untuk meningkatkan kehadirannya.

Sementara itu, Yaman juga menyaksikan agresi brutal Saudi sejak Maret 2015 yang telah menyebabkan krisis kemanusiaan.

Bulan lalu, mantan wakil perdana menteri Qatar Abdullah bin Hamad al-Attiyah mengatakan bahwa Uni Emirat Arab telah merencanakan invasi militer ke Qatar dengan mengerahkan ribuan tentara bayaran yang dilatih AS.

(Sumber: parstoday)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *