PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Desri Bertekad Sejahterakan Nelayan, Taufik Hidayat: Banyak Potensi Laut yang Belum Diolah

Desri Ayunda dan Taufik Hidayat menghadiri acara di Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, baru-baru ini.

Desri Bertekad Sejahterakan Nelayan, Taufik Hidayat: Banyak Potensi Laut yang Belum Diolah
BENTENGSUMBAR, COM - Calon Wakil Walikota Padang nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni 2018, Desri Ayunda bertekad meningkatkan mensejahterakan nelayan Kota Padang. Hal itu disampaikan Desri Ayunda saat berkunjung ke Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Sumatera Barat, baru-baru ini.

"Nelayan kita tidak pantas menjadi masyarakat miskin. Pasalnya, laut kita kaya, di Samudera Hindia tersimpan jutaan dollar potensi laut, yang jika diolah dengan baik akan mampu mensejahterakan nelayan kota ini," ungkapnya.  

Ironisnya, walau Samudera Hindia kaya akan potensi laut, nelayan di Kota Padang belum bisa menggarap potensi tersebut karena keterbatasan alat tangkap yang dimiliki, disamping Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih terbatas.

"Namun, yakin lah. Jika Emzalmi-Desri Ayunda memimpin kota ini lima tahun mendatang, kami akan memberikan solusi dan memberikan perhatian lebih untuk nelayan kota ini," ulasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Taufik Hidayat yang juga hadir pada kesempatan tersebut menilai, selama ini, baik Pemerintah Kota Padang maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat belum mampu menjadikan kekayaan laut sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu, pemerintah harus memodernisasi alat tangkap nelayan, dan kemudian mengarahkan para nelayan untuk menyekolahkan ank-anaknya di sekolah-sekolah di bidang  perikanan sampai ke Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan( STIP) yang notabene adalah sekolah pemerintah," ujarnya.

Apatah lagi, anak-anak nelayan yang kulaih di STIP diberi beasiswa. Seharusnya, Pemprov Sumbar mendorong dan mengarahkan nelayan untuk menyekolahkan anak-anaknya ke STIP. Sebab, kalau anak-anak nelayan menyelesaikan kuliah di STIP, maka akan terjadi lompatan dalam berfikir untuk mengolah kekayaan laut ini. 

"Rendahnya tingkat SDM nelayan menjadi hambatan  dalam mengolah kekayaan laut. Pasie Nan Tigo ini, merupakan kelurahan yang istimewa di Kota Padang, karena memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat," ungkap politisi Partai Hanura ini. 

Taufik Hidayat mencontohkan, potensi tersebut misalnya sumber perikanan laut yang sangat besar, potensi wisata bahari dan pantai, memiliki pasar tradisional yang menampung pembeli dan penjual ikan. Ia menyayangkan, Pemerintah Kota Padang tidak memberikan perhatian terhadap potensi tersebut.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Manpos

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *