PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Emzalmi Ajak BKMT Wujudkan Masyarakat Madani di Kota Padang

Emzalmi, Ustad Syafwan Diran, dan anggota DPD RI Emma Yohana foto bersama dengan pengurus BKMT.

Emzalmi Ajak BKMT Wujudkan Masyarakat Madani di Kota Padang
BENTENGSUMBAR. COM - Sebagai tokoh masyarakat Pauh Si Ampek Baleh, Emzalmi mengajak Badan Kontak Majelis Taklim di kota ini untuk mewujudkan masyarakat Madani yang dicita-citakan. 

Ajakan itu disampaikannya ketika menghadiri acara wirid Majelis Taklim Masjid Ahlusunnag Perti di Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji, Kamis, 1 Maret 2018. Hadir pada kesempatan itu, anggota DPD RI Emma Yohana dan Ustad Syafwan Diran sebagai penceramah.

"Masyarakat Madani merupakan contoh terbaik umat ini. Dan saya yakin, melihat semangat ibu-ibu majelis taklim di sini, kita semua paham apa itu masyarakat Madani, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya," ungkap calon Walikota Padang nomor urut 1 di Pilkada serentak 27 Juni 2018 tersebut.

Menurut Emzalmi, masyarakat Madani adalah masyarakat yang Islami dan Qurani. Masyarakat yang menjadikan al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW sebagai pedoman dalam meniti kehidupan. Mereka tak sekedar hafal al Quran, tetapi juga memahami makna al Quran itu dan mengimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Semangat kita dalam belajar agama melalui majelis taklim harus kita tingkatkan kualitasnya untuk menuju masyarakat Madani itu. Masyarakat Madani itu harus dimulai dari keluarga, yaitu dengan mendidik anak-anak dengan ilmu agama sedini mungkin," urainya.

Apatah lagi, kata Emzalmi, saat ini marak tawuran remaja, mereka mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, dan sebagainya. Maka, disinilah letak peran kaum ibu dalam mengayomi dan mendidik anak-anak mereka. Sebab, peran orang tua sangat dibutuhkan anak-anak dalam membimbing dan memberikan perhatian kepada mereka.

Sementara itu, Ustad Syafwan Diran dalam ceramah agamanya menyampaikan, al-Quran banyak sekali mengandung ilmu pengetahuan dan tuntunan ke arah yang lebih baik. Misalnya saja perintah disiplin, taat dan patuh pada peraturan, toleransi, hormat-menghormati sesama manusia, suka bergotong royong, bekerjasama, suka hidup bersih dan menjaga lingkungan hidup. 

"Masyarakat Madani itu akan bisa terwujud, jika kita mau melaksanakan dan mengerjakannya perintah al Quran itu. Seperti perintah salat tepat pada waktunya dan itulah ciri-ciri kita sebagai masyarakat yang Madani yang kita dambakan semua," urainya.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Dedi Prima

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *