Ayo Jangan Golput, 1 Suara Sangat Menentukan di Pilkada Serentak

Ayo Jangan Golput, 1 Suara Sangat Menentukan di Pilkada Serentak
BENTENGSUMBAR. COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang meminta media, baik cetak, elektronik, dan media online untuk berperan mendorong meningkatnya partisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang pada Rabu, 27 Juni 2018.

"Kami harap, kawan-kawan media membantu mensosialisasikan jadwal pelaksanaan pemilihan umum kepada masyarakat. Karena pada waktu tenang ini, tidak dibolehkan lagi membuat berita kampanye, tidak dibolehkan lagi memasang iklan," ujar Riki Eka Putra, Komisioner KPU Kota Padang ketika Coffe Morning dan Press Conference dengan wartawan, 24 Juni 2018.

Dikatakannya, yang penting disosialisasikan adalah mengenai pemilih dan waktu mencoblos. Menurutnya, ada beberapa kriteria pemilih.


Ayo Jangan Golput, 1 Suara Sangat Menentukan di Pilkada Serentak
Pertama, pemilih DPT (Daftar Pemilih Tetap). Pemilih jenis ini sudah dicoklit dan terdata di DPT. Mereka cukup menunjukan KTP-E atau formulir C-6. 

"Jika mereka membawa C-6 atau surat pemberitahuan, tapi tidak membawa KTP-E asli, tetap kami terima. Demikian juga, jika tidak membawa C-6, tetapi hanya membawa KTP-E atau identitas lainnya, masih bisa dibantu mencarikan nomor urut di DPT dan boleh mencoblos. Namun, jika tidak membawa kedua-duanya, baru ditolak," urai alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol ini.

Kedua, pemilih DPPH. Ini adalah pemilih yang menurus numpang memilih atau pindahan (A5) dari luar TPS, tapi masih satu wilayah provinsi/kabupaten/kota. Syaratnya, saat mau mencoblos membawa A5. 

Ketika, pemilih DPTB (Daftar Pemilih Tambahan). Mereka ini adalah warga di TPS tersebut yang belum terdaftar di DPT. Syaratnya, mereka membawa KTP-E asli atau Suket (Surat Keterangan).

"Bagi pemilih yang termasuk kategori DPT dan DPPH, mereka boleh mencoblos dari pukul 07.00-13.00 WIB. Pemilih yang masuk ke kategori DPTB hanya dibolehkan mencoblos pada pukul 12.00-13.00 WIB," terangnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra mengimbau warga kota untuk beramai-ramai ke TPS. Pasalnya, kata Wahyu, 1 suara di Pilkada Kota Padang menentukan nasib kota ini lima tahun ke depan.

"Ayo jangan golput, 1 suara sangat menentukan. Untuk itu, mari kita beramai-ramai ke TPS," ujarnya.

(by)

Ayo Jangan Golput, 1 Suara Sangat Menentukan di Pilkada Serentak

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »